Skip to content

Kalau tidak bisa diberantas, Kapolda dan Walikota mengundurkan diri saja

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Ratusan pengemudi truk dan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Kota Balikpapan, Rabu (30/3/2022).

Massa kembali menuntut pemerintah segera menyelesaikan masalah kelangkaan solar bersubsidi di Balikpapan.

Baca Juga: Protes Kelangkaan Surya, Sopir Truk Tutup Jalan Menuju Kantor Walikota Balikpapan

Sulitnya mendapatkan solar bersubsidi mengakibatkan antrian panjang di SPBU. Massa menduga ada mafia solar bersubsidi yang bermain, sehingga terjadi kelangkaan.

Tak ayal dalam aksi demo kali ini, para sopir truk dan mahasiswa menuntut pemerintah dan aparat kepolisian memberantas mafia solar bersubsidi ini.

“Mungkinkah ini mafia solar bersubsidi. Kalau Kapolres dan Walikota tidak bisa menangani mafia solar bersubsidi ini, lebih baik mundur saja,” ujar salah satu mahasiswa dalam orasinya.

Dugaan adanya mafia solar bersubsidi ini menjadi pertanyaan bagi para demonstran yang hadir. Pasalnya, Pertamina sebelumnya mengakui penyaluran solar bersubsidi melebihi kuota yang seharusnya 80 ribu kilo liter per hari.

“Kalau pendistribusiannya berlebihan, kenapa masih antrean panjang. Ada apa ini,” kata salah satu massa.

Dedi Wowor, Koordinator Supir Truk, mengatakan saat ini ada 250 truk di jalan. Ditambah puluhan mahasiswa dari PMII meminta Wali Kota Balikpapan segera menyelesaikan permasalahan warga.

Bagaimana tidak, banyak pengemudi yang harus rela merogoh kocek saat mengantri karena menunggu solar bersubsidi.

“Kami minta pemerintah segera menyelesaikan masalah solar bersubsidi. Kalau tidak pandai jadi pemimpin ya tidak usah jadi pemimpin. Jangan terlalu banyak janji, ini rakyat kecil,” kata dia. protes massa.

Baca juga: Ratusan Sopir Disel Antri di SPBU Bengkulu, Ada yang 4 Hari Terakhir

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.