Kaltim Berpotensi Hujan Deras Hingga Angin kencang

BALIKPAPAN, IGNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui stasiunnya di Balikpapan memperkirakan sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Timur akan mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat pada Kamis hingga Jumat. Hal ini berpotensi menghambat aktivitas warga.

“Kejadian tersebut dapat menimbulkan berbagai hal dan menghambat aktivitas, sehingga warga harus selalu waspada,” kata Peramal Kelas I Stasiun Meteorologi Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Rabu (30/3/2022).

Selain itu, sejumlah bencana juga berpotensi terjadi. Mulai dari banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, hingga tanah longsor.
Peringatan dini terhadap kejadian yang diprediksikan ini juga telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota, sehingga dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

Secara umum wilayah yang berpotensi mengalami kejadian serupa pada Kamis (31/3/2022) adalah Kecamatan Batu Sopang, Maratua, Tanjung Redeb, Batu Ampar, Long Bagun, sejumlah kecamatan di Samarinda, Tenggarong, Pulau Derawan, Muara Badak, dan Kecamatan Sebulu. .

Kemudian

pada Jumat (1/4/2022), akan mencakup Kecamatan Kongbeng, Batu Sopang, Tanjung Redeb, Batu Ampar, Long Bagun, beberapa kecamatan di Samarinda, Pulau Derawan, Kabupaten Muara Badak, Penajam, dan Sendawar.

Kemudian beberapa kecamatan di Balikpapan, Bentian Besar, Bongan, Damai, Long Iram, Muara Muntai, Tabang, Muara Ancalong, Babulu, Laham, Sangatta, Kaliorang, Bengalon, Melak, Muara Pahu, Sangkulirang, Muara Komam, dan Tana Grogot. .

Sedangkan jika dirinci menurut wilayah antara lain di Kota Samarinda pada Kamis (31/3/2022) pukul 23.00 WITA, badai petir terjadi di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan. -distrik.

“Kemudian pada Jumat pagi atau pukul 02.00 WITA, hujan ringan berpotensi terjadi di Kecamatan Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara dan Sambutan,” kata Diyan.

Redaktur : Dita Angga Rusana

Bagikan Artikel:

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”