Skip to content

Kapolri Estimasi 70 Juta Orang Pulang Selama Ramadhan Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Puluhan juta masyarakat Indonesia diperkirakan akan kembali ke kampung halaman atau mudik pada Ramadhan tahun ini.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperkirakan sedikitnya 70 juta orang akan melakukan mobilisasi selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Dalam waktu dekat kita akan menghadapi situasi mudik. Diperkirakan sekitar 70–80 juta orang yang melaksanakan mudik,” kata Listyo di Jakarta Barat, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Peminat Vaksin Booster Meningkat Akibat Kebijakan Mudik, Gerai Vaksin di Jakarta Barat Kehabisan Stok

Menurut Listyo, jumlah yang besar ini bisa berdampak besar pada kasus Covid-19 selanjutnya.

Pasalnya, melihat dua tahun terakhir, Listyo menilai kasus Covid-19 sering melonjak setelah Idul Fitri.

“Tentu ini angka yang sangat besar. Apalagi melihat dua tahun sebelumnya, setelah mudik biasanya akan ada lonjakan (kasus Covid-19). Tentu kita tidak menyangka tahun ini terjadi. ,” kata Listyo.

Karena itu, ia berharap, masyarakat sudah bisa divaksinasi Covid-19 sebelum Ramadhan tiba.

“Menghadapi bulan Ramadhan, saya minta percepatan vaksin untuk dilakukan, khususnya vaksin booster. Agar kegiatan di bulan Ramadhan, halal bi halal, dan kegiatan mudik, semuanya dalam kondisi memiliki imunitas. ,” pungkas Listyo.

Baca juga: Kisah Warga Kota Bekasi Buruan Vaksinasi Dengan Booster Agar Bisa Pulang Idul Fitri

Dia mengatakan, tingkat kekebalan seseorang terhadap Covid-19 bisa mencapai 70 persen setelah menerima vaksin dosis kedua.

Sedangkan tingkat kekebalan jika sudah mendapat dosis vaksin ketiga atau booster, bisa mencapai 90 persen.

“Untuk orang yang sudah mendapat vaksin dosis kedua, tentu memiliki kekebalan antara 60 hingga 70. Sedangkan vaksin dosis ketiga minimal memiliki kekebalan 90 persen,” tambah Listyo.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.