Kelebihan Muatan, Truk Penuh dengan Sabut Kelapa Goyang dan Hits Truk Fuso

LUMATANG, KOMPAS.com – Truk colt diesel bermuatan sabut kelapa terbalik di Jembatan Grobogan, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, usai adu banteng dengan truk fuso pengangkut pasir, Rabu (30/3/2022).

Truk bermuatan sabut kelapa itu dikemudikan Fauzan (40), warga Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Diketahui truk tersebut membawa muatan melebihi kapasitas kendaraan.

Baca Juga: Didesak Tutup Tambang Pasir di Pesisir Selatan Lumajang, Ini Tanggapan Pemkab

Kejadian bermula ketika truk bernomor polisi P 9628 UC yang dikemudikan Fauzan melaju dari utara ke selatan dengan kecepatan sedang.

Sesampainya di jalan menurun dan sedikit berbelok di depan jembatan, Fauzan tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Truk yang dikendarainya tiba-tiba mengalami rem blong.

Melihat situasi di jembatan yang cukup padat dengan kendaraan, Fauzan memilih untuk berbelok ke kanan. Akibatnya truk oleng dan menabrak truk Fuso yang bermuatan pasir dan terguling ke kanan.

“Pengakuan sopir tiba-tiba kandas. Akhirnya oleng ke kanan karena di jembatan cukup banyak kendaraan,” kata Kapolsek Kedungjajang, Iptu Maryanto, Rabu (30/3/2022).

class="ads-on-body">

Diketahui truk Fuso dikendarai oleh Rotib (36), warga Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang. Saat itu truk sedang melaju pelan dari arah berlawanan dengan truk yang terbalik.

Tidak ada korban jiwa dari kecelakaan tersebut. Tapi bagian depan setiap truk hancur. Kedua pengemudi mengalami luka ringan dan dirawat di RSUD dr Haryoto Lumajang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Laka Polres Lumajang, Ipda Loni Roi membenarkan, kecelakaan tersebut dipicu oleh muatan truk colt diesel yang melebihi kapasitasnya.

Jadi, ketika armada bergerak dengan kecepatan sedang dapat menyebabkannya bergoyang dan berguling.

Baca Juga: Kejar Pembangunan Akibat Pandemi, Ini Upaya Pemkab Lumajang

Akibat kejadian ini, terjadi kemacetan panjang. Beberapa kendaraan yang hendak melintas harus mengantri, bergantian, apalagi jatuhnya kendaraan yang menutupi sebagian sisi barat jalan.

Polisi

bahkan memberlakukan jalan dua arah di sisi timur jembatan untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.