Skip to content

Kemenkominfo Ajak Pemuda Dorong Penyebaran Ide Melalui Konten Media Sosial

KOMPAS.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya mengajak pemuda Sorong untuk menyebarkan ide dan kreativitasnya melalui konten di media sosial (medsos).

Upaya itu diwujudkan dalam Workshop Digital Workshop Teras Negeriku bertema “Kitong Kreatif untuk Indonesia” di kafe dan restoran Marina Star, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (29/3/2022).

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Kemenkominfo, Bambang Gunawan mengatakan, membuat konten positif menjadi salah satu kunci sukses pembangunan Indonesia di era digital.

Menurutnya, konten positif dapat mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih baik. Apalagi saat ini masih banyak konten negatif di media sosial yang dapat memecah belah persatuan masyarakat.

Baca juga: Bukan Sekedar Sensasi, Content Creator Harus Hadirkan Konten Positif di Era Digital

“Untuk itu, kami gencar melakukan kegiatan dan pelatihan literasi media seperti ini agar masyarakat khususnya pemuda dapat menghasilkan banyak konten positif. Konten ini seperti keberagaman, toleransi, dan kemajuan di Papua,” ujar Bambang dalam siaran pers diterima Ipadguides.comSelasa.

Hadirnya konten-konten positif, lanjutnya, tidak hanya untuk menangkis hoaks tetapi juga untuk mengoptimalkan sebaran kuantitas dan kualitas konten-konten positif. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ruang informasi ke arah yang lebih positif.

Oleh karena itu, Bambang berharap para peserta dapat belajar bagaimana membuat video pendek yang menarik.

“Peserta dapat mengetahui tren saat ini dan menjadi pencipta konten yang tidak hanya populer, tetapi juga bijaksana dan berkontribusi. Ini bertujuan untuk memajukan generasi muda Indonesia, khususnya di wilayah Papua yang beragam,” ujarnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan DKI Minta Content Creator Bantu Berikan Informasi Covid-19 kepada Masyarakat

Pemuda Sorong aktif menebar kreativitas

Senada dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemberi pengaruh Kota Sorong sekaligus nara sumber acara, Alvin Aroby mengatakan sudah saatnya para pemuda di Sorong aktif menyebarkan kreativitas di media sosial.

“Namun, jangan lupa dalam membuat konten, kita (pemuda Sorong) harus selalu memikirkan risikonya. Apakah cara kita berbicara baik-baik saja, apakah kata-kata kita menyinggung orang lain, dan apakah konten itu aman untuk dilihat anak-anak dari segala usia? ” jelas pemimpin muda Papua yang aktif menyebarkan budaya melalui media sosialnya.

.