Kenali Gejala Umum Covid-19 Lama yang Sering Dirasakan Penderitanya, Ini Kata WHO

Kenali Gejala Umum Covid-19 Lama yang Sering Dirasakan Penderitanya, Ini Kata WHO

Memuat…

Sembuh dari Covid-19 tidak menjamin seseorang tidak akan terinfeksi kembali oleh varian virus Covid-19 apa pun. Begitu juga dengan long haul atau yang lebih dikenal dengan istilah long Covid-19. Foto/ilustrasi/Dok.IGNews

JAKARTA – Sembuh dari Covid-19 tidak menjamin seseorang tidak akan terinfeksi kembali oleh varian virus Covid-19 apa pun. Demikian juga, Anda dapat mengalami ‘jarak jauh’ atau lebih dikenal sebagai Covid-19 panjang .

Kondisi long Covid-19 adalah pasien mengalami berbagai efek jangka menengah dan panjang setelah sembuh dari penyakit awalnya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bukti saat ini menunjukkan sekitar 10%-20% orang mengalami berbagai efek jangka menengah dan panjang.

Kondisi pasca-Covid-19 dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan atau pekerjaan rumah tangga. Beberapa orang juga mengalami efek psikologis sebagai bagian dari kondisi pasca-Covid-19.

Gejala

paling umum dari kondisi pasca-Covid-19 meliputi:

Lihat Lainnya: Waspadai Fenomena COVID-19 yang Panjang, Begini Penjelasan PDPI

* Kelelahan
* Sesak napas atau kesulitan bernapas
* Memori, konsentrasi atau masalah tidur
* Batuk terus menerus
* Sakit dada
* Kesulitan berbicara
* Sakit otot
* Hilangnya bau atau rasa
* Depresi atau kecemasan
* Demam

Manajemen Klinis Pimpinan WHO, dr. Janet Diaz menjelaskan, ada tiga gejala umum yang dirasakan selama Covid-19 berlangsung lama. Tapi ini baru tiga, sebenarnya ada lebih dari 200 gejala yang dijelaskan dalam literatur dari pasien yang memiliki atau memiliki kondisi pasca-Covid-19.

“Ada

tiga gejala umum dari kondisi pasca-covid: satu kelelahan, kedua sesak napas atau kesulitan bernapas dan ketiga disfungsi kognitif,” kata dr. Janet dilansir Times of India, Minggu (27/3/2022).

(jam)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”