Ketua KKB Papua Paniai Dibunuh Satgas Cartenz

JAKARTA, IGNews.id – Pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata Papua (KKB) ditembak mati oleh Satgas Gakkum Operasi Perdamaian Cartenz. Pemimpin separatis ini melawan saat hendak ditangkap

Toni Tabuni (24), pemimpin (KKB Ndeotadi, Kabupaten Paniai. Pemimpin kelompok teroris itu melawan penyergapan hingga diberikan tindakan tegas saat berada di Kabupaten Nabire.
Dia diatur untuk berada di daftar orang yang dicari.

Toni Tabuni diduga kuat terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua pada 25 April 2021 yang mengakibatkan tewasnya Kabinda Papua, mendiang Mayjen (Anm) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha, di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. .

Menurut informasi yang dihimpun IGNews, kronologis penangkapan berawal dari pantauan petugas, Toni Tabuni diketahui berpindah dari Intan Jaya ke Nabire pada 26 Maret 2022. Pergeseran ini dilakukan dalam rangka pencarian senjata dan amunisi. di Kabupaten Nabire bersama beberapa pasukannya.

Bergabung dengan mereka adalah pasukan KKB dari Ilaga yang dipimpin oleh Kasar Telenggen. Namun diketahui bahwa Kasar tidak pergi ke Nabire dan singgah di Paniai.

Rute

yang mereka tempuh adalah dari Ilaga-Intan Jaya-Paniai-Nabire dan kembali ke Enarotali.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel:

class="share-social text-center">

Membagikan

Membagikan

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”