Skip to content

Ketukan! Dekan Fisip UNRI Divonis Bebas dari Kasus Dugaan Percabulan

Ketukan! Dekan Fisip UNRI Divonis Bebas dari Kasus Dugaan Percabulan

Memuat…

Ilustrasi pengadilan. Foto: Istimewa/SINDOnews

PEKANBARU BARU – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru menjatuhkan vonis bebas terhadap dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (Unri). Menurut hakim, tuduhan pencabulan terhadap mahasiswi tidak terbukti.

“Menyatakan terdakwa Syafri Harto tidak terbukti secara sah melakukan tindak pidana menurut dakwaan primer dan subsidair,” kata Ketua Pengadilan Negeri Pekanbaru, Estiono, Rabu (30/3/2022).

Usai vonis, majelis hakim juga memerintahkan jaksa membebaskan Syafri Harto dari tahanan. Nama baik Syafri Harto juga harus dikembalikan. “Memberikan agar terdakwa memulihkan hak dan martabatnya,” perintah hakim.

Lihat lainnya: Mahasiswa Unri Korban Surat Cabul Dosen Kepada Menteri Nadiem, Ini Harapannya

Jaksa sebelumnya menuntut agar terdakwa divonis 3 tahun penjara. Atas putusan tersebut, Syafri Harto yang hadir dalam sidang virtual tersebut langsung menyatakan menerima putusan hakim.

Sementara itu, Kepala Intel Kejaksaan Tinggi Riau, Raharjo Budi, menyatakan pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan hakim tersebut.

“Kami akan memikirkannya selama 14 hari, menunggu salinan putusan yang akan disampaikan oleh panitera PN. Pada hari ke-12 setelah putusan, kami akan menyatakan banding,” kata Raharjo.

Baca: Diduga Dicium Dekan Mahasiswa, Ratusan Mahasiswa Serang Rektor Unri

Seperti diketahui, LN mengaku pernah dianiaya Syafri Harto saat bimbingan skripsi. LM menyatakan bahwa dirinya dicium di pipi dan kening. Lalu Syafri mencoba melumat bibir LN.

Kemudian LM mendorong Syafri Harto. Pengakuan itu dibuat dan diunggah melalui komunitas mahasiswa Komahi Unri dan menjadi viral.

(hsk)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”