Skip to content

Kisah Iblis Membuat Resep Produksi Arak Setelah Mencuri Biji Anggur Nuh

Kisah Iblis Membuat Resep Produksi Arak Setelah Mencuri Biji Anggur Nuh

Memuat…

Ada peristiwa unik yang dikutip oleh ats-Tsa’labi bahwa setelah Nabi Nuh AS kembali menjejakkan kakinya di bumi, setelah hanyut dalam bahtera akibat banjir besar, Allah menurunkan kepadanya untuk menanam pohon yang ada bersamanya. Atas perintah ini, Nuh menanamnya dan hal pertama yang dia tanam adalah pohon As (sejenis semak berbunga putih).

Dia bermaksud menanam pohon anggur, tetapi dia tidak dapat menemukannya. Dia bertanya kepada putranya, Sam, “Wahai anakku, di mana pohon anggur?”

Sam menjawab, “Saya tidak tahu.”

Lihat lainnya: Kisah Nabi Isa Membawa Kembali Putra Nabi Nuh

Jibril turun ke bumi dan berkata kepada Nabi Nuh (AS), “Wahai Nuh, pokok anggur telah dicuri oleh setan.” Jadi Nuh berkata kepada Setan, “Kembalikan anggur yang kamu curi.” Setan berkata, “Aku tidak akan mengembalikannya kecuali kamu membaginya denganku.”

Nabi Nuh AS berkata, “Aku akan memberimu sepertiganya.” Iblis menolak tawaran itu. Nabi Nuh kembali mengangkat tawarannya. “Aku akan memberimu dua pertiganya.” Bahkan iblis pun menerima.

Syekh Kamaluddin ad-Damiri, dalam bukunya Hayal al-Hayawan, mengatakan bahwa setelah Setan menanam pohon anggur di bumi, dia menyembelih burung merak dan kemudian memercikkan darahnya ke atasnya. Setelah daunnya tumbuh, dia menyembelih monyet, lalu memercikkan darahnya ke pohon. Setelah berbuah, dia menyembelih seekor singa; kemudian darah terciprat. Dan ketika tiba waktunya untuk memanen buah anggur, dia menyembelih seekor babi dan memercikkan darahnya ke pohon itu. Sejalan dengan ini, ada sebuah ayat:

Anggur telah dibuat lebih mulia
oleh orang yang memperkenalkan perasaannya kepada Nuh.
Dalam perasaan itu, ada rahasia yang membuat jiwa bahagia.
Kata-kata saya bukan sekedar kata-kata.
Orang yang sudah meminumnya akan selalu ketagihan.

Lihat lainnya: Surah Nuh : Kisah Nabi Nuh Lengkap dalam Satu Huruf

Oleh karena itu, orang yang meminum arak akan dihadapkan pada ciri-ciri keempat hewan tersebut. Siapapun yang pertama meminumnya akan bertindak angkuh, seperti kebanggaan burung merak.

Saat berjalan, dia akan menari seperti monyet. Ketika mabuknya bertambah, dia akan berperilaku buruk dan melolong, seperti singa; dan ketika dia mabuk dengan kemabukannya, dia akan tertidur dan mencoba tidur seperti babi. Itulah empat unsur yang tidak akan pernah hilang dari orang yang meminum anggur.

Lihat lainnya: Nabi Nuh Membagi Bumi Untuk Ketiga Anaknya

(mi)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”