Kisah Lulusan di Usia 64, Ditolak 10 Kali oleh Penasehatnya

SURABAYA, IGNews.id – Kisah Indradjaja Manopol lulus di usia 64 tahun. Ia menjadi wisudawan tertua pada Wisuda ke-125 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Minggu (27/3/2022).

Mantan Direktur Utama PT Nindya Karya ini mengaku sudah 40 tahun berkecimpung di dunia konstruksi. Dalam bidang pekerjaannya, ia merasa banyak perkembangan ilmu baru yang ingin ia pelajari.

Berangkat dari tekad tersebut, ia pun memutuskan untuk melanjutkan studinya di Teknik Sipil Manajemen Konstruksi ITS. Ini juga merupakan langkah awal keinginannya untuk menjadi guru di bidang yang digelutinya.

Indra menuturkan, berbagai kendala yang dialami selama masa studi sudah menjadi hal biasa. Ia mengaku perkembangan teknologi informasi menjadi kendala terbesar baginya.

Keterampilan menulis ilmiah yang jarang digunakan karena bekerja sebagai praktisi lapangan, juga menjadi kendala lain yang menyulitkan dirinya. Beruntung Indra memiliki minat membaca yang besar sehingga membantu dalam menyelesaikan masa studinya.

Selain itu, dukungan dari keluarga dan rekan kerja juga menyulut semangat Indra dalam menulis skripsi.

“Ditolak

hampir sepuluh kali oleh supervisor. Tapi untungnya keluarga mendorong untuk pindah,” katanya.

Selain dukungan keluarga, tekad Indra yang kuat juga menjadi faktor penting keberhasilannya lulus dalam waktu tiga semester. Dia mengingatkan dirinya sendiri untuk malu ketika dia ingin menyerah.

Indra kembali menegaskan bahwa apa yang sudah dimulai juga harus diselesaikan. Berkat perjuangannya, mantan Komisaris Utama PT Amarta Karya ini berhasil meraih IPK 3,92 dengan predikat cum laude.

Editor

: Nani Suherni

Bagikan Artikel:

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”