Skip to content

KPK Angkat Paksa Mantan Gubernur Riau Annas Maamun

JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjemput paksa mantan Gubernur Riau Annas Maamun ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Berdasarkan pemantauan Ipadguides.comAnnas tiba di gedung KPK sekitar pukul 16.25 WIB.

Pj Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan Annas dijemput setelah mantan Gubernur Riau itu tidak kooperatif menanggapi panggilan penyidik.

“Hari ini tim penyidik ​​KPK memanggil paksa AM (Annas Maamun) Gubernur Riau periode 2014-2019 dari kediamannya di Pekanbaru, Riau,” kata Ali.

Perintah pemanggilan itu dilakukan karena KPK menilai yang bersangkutan tidak kooperatif dalam menghadiri pemanggilan tim penyidik ​​KPK, kata Ali.

Baca juga: JPU Pinangki dan Anita Kolopaking Bahas Grasi Annas Maamun, MA Enggan Tanggapi

Namun, Ali belum menjelaskan secara detail kasus apa yang membuat KPK melakukan penjemputan paksa terhadap Annas.

Menurut dia, tim penyidik ​​akan mengusut Annas di gedung KPK.

“Pemanggilan kepada yang bersangkutan sebelumnya telah dilakukan dengan baik dan sah,” kata Ali.

“Selanjutnya AM dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut. Perkembangan akan diinformasikan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Annas Maamun telah dibebaskan dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Senin (21/9/2020).

Baca Juga: Dapat Grasi dari Jokowi, Mantan Gubernur Riau Annas Maamun Akhirnya Bebas

Annas merupakan terpidana kasus korupsi terkait alih fungsi lahan di Provinsi Riau. Dia telah menerima grasi dari Presiden Joko Widodo pada September 2019 tahun lalu.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.