Kronologis OTT Auditor BPK Jabar di Bekasi: Laporan Pegawai, Pantau, Tangkap

Kronologis OTT Auditor BPK Jabar di Bekasi: Laporan Pegawai, Pantau, Tangkap

Memuat…

Kejaksaan Negeri Bekasi menangkap 2 orang auditor BPK Jabar di ruang BPKD, Pemkab Bekasi, Cikarang Tengah, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/3/2022). Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya

BEKASI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi menangkap 2 auditor BPK Jabar di ruang Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Pemkab Bekasi, Cikarang Tengah, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/3/2022). Dua tersangka pelaku, yakni AMP adalah Ketua Tim dan F alias HF, anggota tim audit BPK Jabar.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) auditor BPK Jabar bermula ketika pegawai Pemkab Bekasi melaporkan bahwa mereka diduga diperas. Setelah menerima laporan tersebut, penyidik ​​kemudian melakukan pemantauan.
Lihat lainnya: Auditor BPK Jabar Ditangkap di Bekasi Diduga Pemerasan

Alhasil, penyidik ​​menangkap dua tersangka pelaku di ruang BPKD, yang sedang melakukan audit keuangan daerah. Sekitar pukul 13.00 WIB, keduanya ditangkap penyidik ​​dan dibawa untuk menunjukkan uang yang diduga hasil pemerasan.

Dari

tangan keduanya, penyidik ​​mendapatkan uang ratusan juta yang disimpan di sebuah hotel di Cikarang. Barang bukti dengan tersangka pelaku langsung dibawa untuk dimintai keterangan. “Yang disita ratusan juta rupiah,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi Ricky Setiawan Anas, Rabu (30/3/2022).

AMP dan F diketahui telah menerima surat penugasan dari Perwakilan BPK Jabar untuk melakukan pemeriksaan mendetail atas laporan keuangan pemda tahun 2021 di Pemkab Bekasi.
Lihat lainnya: 2 Auditor BPK Jabar Terjaring OTT, Kejari Bekasi Amankan Ratusan Juta Rupiah

Keduanya bertugas selama 30 hari di BPKD Kabupaten Bekasi. Dari penangkapan keduanya, penyidik ​​berhasil mengamankan barang bukti sejumlah uang yang diduga hasil pemerasan.

“Dua

orang ini akan kami amankan selama 1×24 jam. Nanti setelah ada bukti yang cukup, kami akan tingkatkan statusnya,” kata Ricky.

Kejaksaan masih melakukan penyelidikan mendalam dengan mengumpulkan barang bukti. Dia menegaskan, dalam waktu dekat akan ada penetapan hukum lebih lanjut terkait penangkapan hari ini.

(joon)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”