Skip to content

Kunjungi Magelang, Kapolri Sigit Sebut Ada 65 Produsen Segera Produksi Minyak Goreng Curah

MAGELANG, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Listyo Pol Sigit Prabowo mengatakan ada 65 produsen yang telah menandatangani kontrak untuk memproduksi dan mendistribusikan minyak goreng curah ke pasar.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng curah akhir-akhir ini. Saat ini, ada sekitar 24 produsen yang telah memproduksi dan mendistribusikannya ke pasar.

Baca juga: Jokowi: Minyak Goreng Curah Ada, Tapi Stok Tidak Banyak

“Saat ini ada laporan di pusat sekitar 64 atau 65 produsen yang sudah menandatangani kontrak untuk segera memproduksi dan mendistribusikan (minyak goreng curah),” kata Sigit, usai meninjau ketersediaan minyak goreng di Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang, Tengah. Jawa, Rabu (30/3/2022).

“Kemudian ada kurang lebih 24 produsen yang saat ini sudah berproduksi dan sudah mendistribusikan,” lanjutnya.

Selebihnya, Sigit meminta untuk segera bisa berproduksi dan bekerja sama dengan distributor agar ketersediaan minyak goreng segera terpenuhi di lapangan.

Sementara itu di Pasar Muntilan, Sigit bertemu dan berdialog dengan beberapa pedagang terkait ketersediaan minyak goreng curah. Menurut para pedagang, kata Sigit, kelangkaan minyak goreng curah sudah terjadi beberapa waktu lalu. Tapi akhir-akhir ini sudah cukup.

Harga minyak goreng jenis ini Rp 15.500 per kilogram dan Rp 14.000 per liter.

“Saya tanya berapa harga per kilo yang dijual Rp 15.500. Artinya harga itu sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dan kami tanya ke distributor, ada dua sub distributor di sini juga. sebagai distributor yang mengambil minyak curah dari daerah Semarang,” kata Sigit.

Di pasar tradisional yang berada di jalur utama Magelang-Yogyakarta ini, terdapat sekitar 30 pedagang minyak goreng. Rata-rata mereka sudah mendapat stok sehingga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut, Sigit meminta para pedagang yang menjual secara eceran kepada masyarakat, atau sub-distributor dan distributor, termasuk satgas daerah untuk melaporkan jika menemui kendala di lapangan. Ia siap menelusuri “penyumbatan” atau rintangan yang dihadapi.

“Jadi tentunya ini akan terus kami lakukan, setiap hari, dan di seluruh wilayah di seluruh Indonesia dan kami minta untuk melakukan hal yang sama untuk melakukan kontrol langsung terkait pendistribusian minyak goreng curah,” jelas Sigit.

Baca Juga: Polisi Bongkar Mafia Minyak Goreng di Serang Banten, Migor Massal Dikemas Jadi Premium

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.