Long Vacuum, 2 Pabrik Pupuk Iskandar Muda Beroperasi Tahun Ini

ACEH UTARA, KOMPAS.com – PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Aceh Utara berencana menghidupkan kembali pabrik PIM 1 dan pabrik pupuk NPK tahun ini.

Direktur Keuangan dan Umum PT PIM Aceh Utara, Rochan Syamsul Hadi kepada wartawan melalui aplikasi Zoom, Rabu (30/3/2022) mengatakan pembangunan pabrik NPK direncanakan selesai tahun ini. Kapasitas pabrik ini mencapai 500.000 ton pupuk NPK per tahun.

Sedangkan untuk pabrik PIM 1, kapasitas produksi pupuk urea pada April adalah 570.000 ton per tahun.

“Dulu, PIM 1 berhenti beroperasi karena masalah gas. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami mendapatkan pasokan gas, dan kami akan mengaktifkan kembali pabrik sehingga bisa dihidupkan kembali,” katanya.

Baca Juga: Puluhan Ikan di Aceh Utara Mati, Polisi Selidiki Dugaan Limbah PT Pupuk Iskandar Muda

Di sisi lain, kata dia, eks pabrik PT Aceh Asean Fertilizer (AAF) yang dibeli pada 2018, akan diaktifkan kembali dalam waktu dekat.

“Kami berharap PIM bisa mengembalikan nama Lhokseumawe yang dulu dikenal sebagai kota petrodollar karena ramainya industri. Semoga bisa mengembalikan kejayaan itu dan meningkatkan pendapatan ekonomi Aceh,” jelasnya.

Baca

juga: Pabrik Pupuk Iskandar Muda Berhenti Beroperasi Sebulan, Manajemen Jamin Aman Pasokan ke Petani

Ia berharap masalah gas sebagai bahan baku tidak lagi terjadi di masa mendatang. Sehingga seluruh pabrik milik PT PIM dapat beroperasi secara optimal.

“Semoga kedepannya PIM bisa lebih baik lagi dan lebih giat lagi berproduksi. Ini bisa menjadi penopang perekonomian masyarakat Aceh,” jelasnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

(ads.native_banner) -->

.