Skip to content

LTMPT Pastikan Peserta Yang Lulus SNMPTN Tidak Dapat Mendaftar UTBK SBMPTN 2022

LTMPT Pastikan Peserta Yang Lulus SNMPTN Tidak Dapat Mendaftar UTBK SBMPTN 2022

Memuat…

Ketua LTMPT Mochamad Ashari saat konferensi pers pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Foto/SINDOnews/Bachtiar Rojab

JAKARTA – Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) Mochamad Ashari menegaskan, bagi mahasiswa yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak bisa lagi mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Ashari mengatakan, mahasiswa yang sudah mendapatkan izin kampus SNMPTN tidak bisa lagi mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Menurut dia, berdasarkan data yang telah direkap oleh sistem.

Lihat Lainnya: Tidak Ambil Jurusan Usai Lulus SNMPTN 2022, LTMPT Pastikan Sanksi Ketat Bagi Sekolah

“Ujian SBMPTN tidak bisa, itu dasar ujian UTBK. SBMPTN berdasarkan hasil ujian, untuk SNMPTN dasar rapor, prestasi non akademik,” kata Ashari saat konferensi pers, Selasa (29). /3/2022).

Menurut Ashari, tidak hanya SBMPTN. Namun, penerima SNMPTN tidak akan bisa melakukan pemeriksaan mandiri. Namun, hal ini bisa terjadi jika ada perguruan tinggi yang tidak menggunakan hasil UTBK tersebut.

“Tidak bisa mengikuti program mandiri untuk perguruan tinggi yang seleksinya mengambil data UTBK. Keduanya tidak bisa, tapi kalau ada perguruan tinggi yang tidak menggunakan nilai UTBK, bisa,” ujarnya.

Lihat lainnya: Simak, Ini Panduan Daftar Ulang Calon Mahasiswa Lulus SNMPTN 2022

Namun, Ashari mengingatkan jika hal ini terjadi, maka tidak heran jika perguruan tinggi akan memberikan sanksi kepada calon mahasiswa baru sekolah tersebut.

“Tapi sekali lagi, itu tergantung hukuman apa yang ingin diberikan oleh masing-masing universitas,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 120.643 mahasiswa resmi dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Ada 20 PTN yang tercatat paling banyak menerima mahasiswa pada jalur undangan ini.

Ketua LTMPT Mochammad Ashari memaparkan 20 PTN yang menerima peserta terbanyak dari jalur SNMPTN 2022. Rekor terbesar, katanya, dipegang oleh Universitas Brawijaya (UB) dengan menerima 3.445 mahasiswa.

“Ini yang kami terima di SNMTPN yang akan kami umumkan nanti sore. Alokasinya 20% dari total jumlah mahasiswa baru di masing-masing universitas,” kata Ashari di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (29/3/2022). .

(mpw)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”