Luhut Sebut Digitalisasi Memberi Peluang Besar Bagi Perekonomian Indonesia

JAKARTA, IGNews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan digitalisasi menghadirkan peluang besar bagi perekonomian Indonesia. Buktinya, digitalisasi menjadi tulang punggung dunia usaha untuk tetap bertahan di masa pandemi Covid-19.

“Digitalisasi menghadirkan peluang besar bagi perekonomian Indonesia. Apalagi setelah dua tahun mengalami pandemi Covid-19, lonjakan virus yang sempat terjadi memaksa pemerintah melakukan perubahan,” ujarnya di HIPMI Digital Fest 2022 bertema Industri Digital dari Kelangsungan Hidup ke Kebangkitan secara virtual, Rabu (30/3/2022).

Luhut mengatakan, digitalisasi membuat bisnis mampu bertahan melalui pemanfaatan dunia digital, baik untuk penyediaan layanan, transaksi, maupun pengiriman barang dan jasa.

“Penggunaan digitalisasi oleh dunia bisnis membuat konsumen beralih ke kebiasaan baru, dengan lebih dari 21 juta konsumen digital baru di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Hal ini mendorong peningkatan nilai ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan mencapai US$70 miliar pada 2021, atau tumbuh 49% dibandingkan 2020.

Menurutnya, kinerja ini menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia akan terus bertahan dan tumbuh jika semua pihak mampu beradaptasi di tengah ketidakpastian akibat pandemi.

“Tantangan

yang kita hadapi menjadi sangat mudah untuk diatasi jika kita mampu memanfaatkan potensi besar yang dimiliki di industri digital,” kata Luhut.

Redaktur : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:

class="share-social text-center">

Membagikan

Membagikan


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”