Skip to content

Masih Ada Longsor, Tol Cisumdawu Seksi 2 Belum Dibuka Untuk Mudik Lebaran

SUMEDANG, KOMPAS.com – Tol Cisumdawu seksi 2 yang meliputi kota Rancakalong-Sumedang, Jawa Barat tidak akan dibuka untuk jalur mudik Lebaran 2022.

Sebelumnya, ruas tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) seksi 2 akan digunakan untuk arus mudik Lebaran 2022.

Kepala Seksi Humas (Kasi Humas) Polres Sumedang, AKP Dedi Juhana mengatakan, rencana pembukaan tol Cisumdawu seksi 2 gagal karena longsor sepanjang 550 meter di ruas tol di kawasan Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Baca juga: Resmi Ini Tol Cisumdawu Seksi I Cileunyi-Pamulihan Berlaku Mulai 11 Februari 2022

Saat ini, kata Dedi, longsoran tersebut masih dalam perbaikan dan ditargetkan selesai pada Agustus 2022.

“Jadi, tol yang sebelumnya akan digunakan untuk mudik Lebaran dari Cileunyi ke kota Sumedang tidak akan terealisasi,” kata Dedi kepada Ipadguides.com melalui telepon, Selasa (29/3/2022) siang.

Dedi mengatakan, kepastian itu setelah Polres Sumedang bersama pemangku kepentingan Pihak terkait lainnya melakukan peninjauan jalur jalan yang akan digunakan untuk arus mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Ridwan Kamil Usulkan Nama Tol Cisumdawu Diganti Menjadi Ali Sadikin

“Untuk Tol Cisumdawu yang sudah siap pakai dan siap pakai untuk mudik, hanya seksi 1 yang mencakup Cileunyi hingga pintu tol Pamulihan, Sumedang,” kata Dedi.

Dedi mengatakan, setelah melewati pintu tol Pamulihan, pemudik akan menggunakan jalan nasional Bandung-Cirebon.

“Pemudik asal Bandung yang masuk Tol Cisumdawu nantinya akan masuk kembali ke jalan nasional saat keluar dari pintu tol Pamulihan,” kata Dedi.

Sementara itu, kata Dedi, untuk arus kendaraan dari arah Majalengka, Sumedang, kota akan diarahkan masuk pintu tol Pamulihan jika kawasan Tanjungsari dan Jatinangor mengalami kemacetan lalu lintas.

“Jadi hasil pemantauan kesiapan jalur mudik, skemanya seperti itu karena tol Cisumdawu seksi 2 tidak bisa digunakan,” kata Dedi.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.