Skip to content

Mayjen TNI Widi Prasetijono, Mantan Ajudan Jokowi yang hanya menjabat 53 hari sebagai Danjen Kopassus

Mayjen TNI Widi Prasetijono, Mantan Ajudan Jokowi yang hanya menjabat 53 hari sebagai Danjen Kopassus

Memuat…

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memindahkan Danjen Kopassus Mayjen Widi Prasetijono. Foto/MPI

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi di tubuh TNI Angkatan Darat. Salah satunya adalah Danjen Pasukan khusus Mayjen Widi Prasetijono. Selanjutnya, Widi akan menduduki jabatan baru sebagai Pangdam IV/Diponegoro, Jawa Tengah.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan No. Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan TNI tanggal 25 Maret 2022. Total ada 113 Pati TNI yang dimutasi oleh Panglima TNI.

Mutasi Widi cukup mengejutkan mengingat mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diangkat menjadi Danjen Kopassus pada Jumat 21 Januari 2022 berdasarkan Surat Keputusan Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan untuk Jabatan di lingkungan TNI. Bisa dikatakan masa bakti Widi di Korps Baret Merah cukup singkat, yakni 53 hari.

Lihat lainnya: Brigjen Widi Prasetijono Diangkat Jadi Danjen Kopassus

Tak hanya itu, pemindahan ke Widi ini hanya berselang empat hari setelah ia memimpin serah terima jabatan sejumlah petinggi di Kopassus. Lima jabatan tersebut diserahkan, yakni Inspektorat Kopassus dari Brigjen Arief Bukhori kepada Brigjen Husein Sagaf. Kemudian, Dansat 81 Kopassus dari Kolonel Inf. Benny Rahadian, kepada Letnan Kolonel Inf. Raden Nasrul Fathurrohman.

Selain itu, Asops Kopassus dari Kolonel Inf. Josep DDSurbakti kepada Letkol Inf. Eko Setyawan. Kemudian Aspers Kopassus dari Kolonel Inf. Al Amin Sarmono, kepada Letkol Inf. Catur Sutoyo. Terakhir, Kopassus Aslog dari Kolonel Inf Suwondo kepada Letkol Czi Bayu Kurniawan.

Lihat lainnya: Brigjen TNI Iwan Setiawan Diangkat Jadi Danjen Kopassus

“Mengenai mutasi Pati (Perwira Tinggi) di lingkungan TNI Angkatan Darat, termasuk Danjen Kopassus, itu benar,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispenad) Angkatan Darat Brigjen Tatang Subarna, Selasa (29/3/2022).

Kini, posisi Danjen Kopassus akan diisi oleh Brigjen Iwan Setiawan yang sebelumnya menjabat Asisten Deputi Pelatihan Waaslat KSAD Kerjasama Militer (Kermamil). Berdasarkan informasi yang dihimpun, Iwan Setiawan merupakan seorang abituren atau lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 dari cabang infanteri Kopassus.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”