Memilih Model Rambut Wanita Sesuai bentuk Wajah

Bingung menentukan potongan rambut yang pantas dan sesuai dengan bentuk wajahmu? Ingin mencari referensi model rambut? Kamu berada di tempat yang tepat karena artikel ini akan menjelaskan beberapa tips memilih model rambut wanita sesuai bentuk wajah.

Ada banyak sekali pilihan model rambut wanita yang sesuai dengan bentuk wajah. Kamu tinggal datang ke salon dan request mau potongan rambut. Namun, jangan sesuaikan pula model rambut dengan bentuk wajahmu.

Sebenarnya setiap orang bebas dalam memilih gaya rambutnya masing-masing. Namun, perlu untuk diingat bahwa ketika kamu bebas memilih, bukan berarti pilihanmu itu adalah yang paling pas dan cocok untuk dirimu. Bisa saja tatanan rambutmu sekarang ini malah membuat aura wajahmu tidak keluar dengan maksimal.

Jangan biarkan auramu yang semestinya berbinar-binar malah redup akibat kurang tepat memilih gaya rambut. Kamu perlu cari tahu bagaimana cara yang tepat dan sesuai dalam menata mahkotamu sesuai dengan bentuk muka. Artikel ini kiranya bisa membantumu menentukan mana gaya yang pas untuk dirimu.

Oleh karenanya, tunggu apa lagi? Simak saja ulasan tentang model rambut wanita sesuai bentuk wajah berikut ini. Beberapa di antara pilihan di bawah ini bisa kamu jadikan inspirasi dalam menata apa yang biasa orang sebut dengan mahkota wanita.

Mengetahui Bentuk Wajah

Memang tak ada larangan untuk menata rambutmu sedemikian rupa sesuai keinginan hati. Namun, jika kamu cuek atas cocok atau tidaknya gaya rambutmu dengan bentuk wajah itu adalah hal yang sangat disayangkan. Sayang, kan, jika pancaran sinar parasmu malah tertutupi oleh model rambut yang kurang pas.

data-id="8">Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan bentuk wajah untuk memilih model rambut yang pas. Jangan ragu dan malu untuk menonjolkan sudut-sudut unik yang ada pada wajahmu. Jangan malah menutupi keunikan-keunikan paras cantikmu.

Langkah awal dalam menentukan model rambut wanita sesuai bentuk wajah adalah menentukan seperti apa pola wajahmu. Kamu bisa memperkirakannya dengan bercermin. Selain itu, kamu bisa selfie atau melihat foto-foto dirimu yang ada di galeri atau album foto.

data-id="10">Mulailah bercermin atau selfie tanpa senyuman. Pertama, amati wajahmu dalam keadaan paling natural. Kemudian amati bagian dahi, pipi, dan rahang untuk mengetahui apakah wajahmu bulat, oval, persegi, wajik, atau hati.

Baru setelahnya kamu bisa coba beberapa mimik untuk mengetahui variasi raut mukamu. Coba dengan tersenyum atau berbicara di depan cermin. Mimik memang tidak begitu penting, tapi perlu juga karena akan mempengaruhi perubahan raut muka.

data-id="12">Baca juga: Tutorial Make Up Natural untuk Kamu yang Tidak Ingin Terlihat Menor

Menentukan Model Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah

Setelah mengetahui struktur muka, kini saatnya menentukan model rambut wanita sesuai bentuk wajah. Dengan mengetahui gambaran yang diinginkan, kamu tak perlu bingung lagi ketika datang ke salon.

Berikut ini beberapa model rambut wanita sesuai bentuk wajah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kamu bisa memilahnya sesuai dengan keadaan, kesukaan, dan tentu pola muka yang kamu miliki.

1. Bulat

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah - Putri Titian Sumber: Instagram – putrititian

Banyak yang bilang bahwa model rambut wanita sesuai bentuk wajah bulat adalah dengan menghindari potongan pendek. Bagi kamu yang ingin menghindari kesan chubby pada

wajahmu, pilihlah potongan poni menyamping dan shaggy. 

Sebenarnya, jika kamu lebih berani dan percaya diri dengan bentuk mukamu yang bulat, sah-sah saja berambut pendek. Tak perlu malu dengan apa yang dikaruniai Tuhan kepada kita. Malahan berani tampil dengan potongan pendek bisa menciptakan keunikan tersendiri.

Salah satu artis yang tetap manis meski wajahnya bulat dan berpotongan pendek adalah Putri Titian. Potongan bob bersudut dengan poni tipis di dahi adalah langkah yang berani. Untuk mengakali agar tidak berkesan terlalu gemuk, pastikan panjang rambut tetap di bawah dagu dan tidak terlalu tebal.

Kamu akan terlihat manis dan childish dengan model rambut pendek sesuai bentuk wajah bulat ini. Lelaki mana yang tidak terpana dengan paras imut-imut dan menggemaskan karena potongan bob ini?

Jika kamu kurang percaya diri dengan paras yang bulat, tidak disarankan untuk mencoba-coba potongan seperti ini. Kamu bisa coba gaya rambut wavy layers. Potongan ini berarti membuat aksen yang membingkai wajah supaya bisa sedikit mengurangi kesan bulat pada wajahmu.

2. Oval

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah - Dian Sastro Sumber: Instagram – therealdisastr

Banyak orang yang berpendapat bahwa model rambut sesuai bentuk wajah oval itu fleksibel. Hal ini dikarenakan bahwa oval adalah bentuk ideal untuk wajah. Mau berambut pendek atau panjang, semua bisa cocok jika wajahmu oval.

data-id="26">Untuk kamu yang merasa berwajah terlalu oval, kamu bisa pakai model rambut wanita sebahu. Ini bertujuan untuk mengurangi panjang raut oval. Sebagai contoh, kamu bisa lihat foto Dian Sastro di atas.

Dian Sastro memiliki paras yang oval. Terang saja ketika gaya rambutnya dibuat seperti apa pun, kecantikannya tak luntur. Namun, itu mungkin bukan hanya karena wajahnya yang oval saja, tapi memang sudah cantik bawaan lahir.

Gaya yang lain adalah dengan mencoba poni yang lurus dan tebal. Poni yang tebal bisa menonjolkan bagian mata dan membuang jarak berlebih antara dahi dan dagu. Poni cocok untuk mempermanis kamu yang berwajah oval dan berambut pendek maupun panjang.

Jika kamu ingin mencoba berambut pendek di atas bahu, kamu bisa coba potongan shaggy pendek atau bob asimetris. Kedua model rambut pendek untuk wajah panjang ini dapat memberikan kesan muda.

3. Persegi

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah - Adele Sumber: Instagram – adele

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah persegi idealnya adalah yang menutupi bagian pipi. Jika kamu memiliki paras persegi, bagian pipi dan rahangmu pasti tegas dan lebih terlihat.

Tak perlu kehilangan kepercayaan diri karena pipi dan rahang yang lebih terlihat. Kamu hanya perlu melembutkan garis dagu dan menonjolkan keunikan muka bagian lain. Pilihlah potongan yang memfokuskan pada mata dan mulut.

Jika rambutmu panjang, kamu bisa membuatnya bergelombang atau ikal sekalian. Potongan ikal dan bergelombang bisa menutupi perhatian dari sudut-sudut tajam di daerah pipi dan dagu. Sudut tajam tersebut akan semakin memudar jika rambutmu panjang hingga melewati bahu.

Hindari potongan yang sangat pendek. Namun, jika kamu tetap ingin berambut pendek, kamu bisa pilih potongan bob sepanjang dagu dengan pinggiran yang sedikit berantakan. Model rambut pendek sesuai bentuk wajah persegi ini akan memancarkan karakter kecantikan tersendiri.

Bagi kamu yang punya bentuk wajah persegi, jangan malu untuk tampil dengan model rambut wanita pendek. Contohlah penyanyi terkenal, Adele. Ia memiliki postur yang berisi dan paras persegi tapi tetap percaya diri dengan gaya rambutnya yang pendek sebahu seperti pada gambar di atas.

Baca juga: Video Cara Make Up yang Benar dan Sederhana untuk Pemula

4. Hati

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah - Amanda Cerny Sumber: Instagram – amandacerny

Kamu yang berwajah menyerupai hati pasti daerah tulang pipimu menonjol dan bagian dagumu meruncing. Jika rambutmu panjang, kamu tidak perlu repot-repot memendekkannya karena potongan panjang sangat cocok dengan bentuk wajah ini.

Yang perlu dilakukan adalah menyeimbangkan area pipi dan dagu dengan rambutmu. Buatlah potongan yang berlapis dan jatuh di bawah dagu. Membuat sedikit gelombang akan menjadikannya lebih manis.

Berhati-hatilah dalam membuat rambutmu bergelombang. Gunakan cara-cara yang alami seperti kepang atau sanggul. Jangan terlalu sering menggunakan alat pengeriting elektronik karena panasnya bisa merusak rambutmu.

Wajah berbentuk hati ini sangat cocok dengan model rambut belahan tengah. Model ini akan menampilkan dahi yang cantik. Parasmu akan membinar dan memancarkan aura kecantikan yang anggun.

Jika postur tubuhmu tinggi, kamu bisa panjangkan rambutmu hingga menyentuh punggung bagian bawah. Itu akan membuatmu tampak lebih anggun dan memancarkan aura kecantikan khas wanita. Kalau kamu mau, kamu bisa beri sedikit pewarnaan pada rambutmu untuk menjadikannya lebih manis.

5. Wajik

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah - Tara Basro Sumber: Instagram – tarabasro

Untuk kamu yang memiliki bentuk wajah wajik atau diamond, pilihlah potongan yang agak tipis di bagian pelipis. Hal ini bisa menyamarkan daerah tulang pipi yang lebih luas dari dahi dan dagu.

Jika rambutmu panjang, pilihlah potongan yang ikal atau bergelombang. Hal ini bisa menyembunyikan kesan wajik pada wajahmu. Namun, jika kamu ingin menonjolkan pesona raut wajikmu, kamu bisa pilih potongan pixie.

Pixie merupakan potongan yang super pendek. Banyak yang berpendapat bahwa potongan ini tidak membuat seseorang repot dalam menata rambut.

Kebanyakan wanita yang berambut pixie ini cenderung kelihatan cuek. Itu dikarenakan potongan pixie ini memberikan kesan tomboy. Potongan pixie sangat cocok bagi kamu yang suka traveling atau aktivitas outdoor.

Jangan sungkan untuk berkreasi dengan potongan rambut pixie ini. Kamu bisa coba dengan membuat poni asimetris. Gaya ini dapat memberikan aura muda pada wajahmu.

Baca juga: Tutorial Hijab Segi Empat Simple untuk Mempercantik Tampilanmu

Mulailah Bereksperimen Menata Rambut dengan Tetap Menyesuaikan Bentuk Wajah

Saat kamu sudah tau seperti apa bentuk wajah dan model rambut yang sesuai, mulailah bereksperiman. Cobalah bentuk-bentuk baru yang jarang digunakan oleh orang lain. Selain bisa mempermanis penampilanmu, itu juga bisa membangun ciri khas style-mu.

Intinya adalah berani dan jangan mudah baper ketika ada orang berkomentar tentang penampilanmu. Berikut ini adalah beberapa contoh variasi model rambut yang mudah dan sederhana.

1. Variasi Potongan Bob untuk Wajah Bulat

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah - Fitrop Sumber: Instagram – fitrop

Struktur muka yang bulat bukan halangan untuk mengkreasikan rambutmu. Memilih potongan bob memang langkah yang berani. Namun, kamu sebenarnya masih bisa memberikan sedikit kreasi pada potongan bob supaya lebih modern dan unik.

Tambahkan sedikit sanggul simple dan agak ke atas. Tipiskan ponimu, karena poni yang tebal akan membuat bentuk muka semakin bulat. Dengan kreasi bob ini kamu akan terlihat lebih lucu dan feminin.

2. Rambut Panjang Bergelombang dan Sedikit Dikepang

Model rambut wanita sesuai bentuk wajah - Tauriel Sumber: Instagram – thelordoftherings_elfleri

Rambut panjang dan bergelombang memang sudah biasa. Jika ingin lebih unik dan bisa memunculkan karakter tersendiri, tambahkan sedikit kepangan.

Kepangan hanya di beberapa bagian saja, tidak pada sebagian besar rambut seperti ponytail. Dengan begitu, rambut panjangmu akan tetap terurai indah. Kepang hanya sebagai aksen pemanis saja.

Ambil sedikit bagian rambut di sisi kanan dan kiri, lalu buat kepang tiga untai. Gaya kepang seperti ini adalah potongan kaum elf pada cerita fiksi The Hobbit. Salah satu tokoh dengan model rambut seperti ini dan bisa dijadikan sebagai inspirasi adalah Tauriel.

Baca juga: Model Model Kebaya Modern untuk Tampil Tradisional tapi Tetap Kece

Percaya Diri dengan Bentuk Wajah Adalah Kunci Kecantikan

Demikianlah beberapa model rambut wanita sesuai bentuk wajah yang bisa menginspirasimu. Dari semua yang disebutkan di atas, kamu bisa memodifikasinya sendiri menurut seleramu. Namun, jangan asal-asalan dalam menata mahkotamu sendiri, salah-salah rambutmu malah jadi rusak.

Sejatinya tidak ada parameter yang paling benar untuk menilai mana model rambut yang paling pas. Semua itu bergantung pada seberapa besar kamu percaya diri untuk tampil dengan potongan andalanmu. Mulailah bereksperimen dengan model-model yang sekiranya pas dengan bentuk wajahmu.

Selamat mencoba dan semoga parasmu terpancar maksimal setelah menata rambutmu sedemikian rupa. Tak usah minder dan kecewa dengan bentuk wajah yang dikaruniakan Tuhan kepadamu. Nyatanya, kamu bisa tetap tampil mempesona asalkan memposisikan diri dengan gaya rambut yang pas.

Jadilah wanita yang tangguh, penuh semangat, dan percaya diri. Kecantikan sejati itu ada di dalam keberanian untuk tampil sebagai diri sendiri.

Create by ipadguides in category of> Our Daughter