Mengaku Diperas Personil LSM, Kades Tabo-Tabo Lapor ke Polsek Pangkep

Muhammad SubhanMengaku Diperas Personil LSM, Kades Tabo-Tabo Lapor ke Polsek Pangkep
Kepala Desa Tabo-Tabo, Khaeril Anwar, melaporkan sebuah LSM ke Polres Pangkep atas dugaan pemerasan, Rabu (30/3/2022). Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP – Kepala Desa (Kades) Tabo-Tabo, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Khaeril Anwar melaporkan bahwa anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ke Polres Pangkep atas dugaan pemerasan, Rabu (30/3/2022).

Khaeril menjelaskan, dugaan pemerasan bermula saat seorang anggota LSM berkunjung ke kantornya beberapa waktu lalu. Kedatangan LSM tersebut terkait dengan temuan dugaan pungutan liar (pungutan liar) dalam program redistribusi tanah Desa Tabo-Tabo.

Lihat lainnya: Polres Pangkep Terus Pantau Stok Sembako Jelang Ramadhan

Khaeril dituduh memeras uang dari penerima sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) antara Rp. 150.000 dan Rp. 450 ribu.

Padahal, menurut Heri, begitu Khaeril disapa, semua yang dilakukannya sudah sesuai prosedur dan kesepakatan dengan warga.

“Sebelumnya

kami melakukan sosialisasi yang dihadiri oleh BPN, Kejaksaan Agung, Polsek Pangkep dan penerima sertifikat gratis. Aturannya dibaca di sana,” jelas Heri, saat datang ke Mapolres bersama sejumlah warga.

“Dalam Perbup diperbolehkan memungut maksimal Rp 250.000 untuk transportasi dan administrasi. Tapi kesepakatan antara kami dengan warga Rp 150.000,” lanjutnya.

Lihat Lainnya: Belum Dilaporkan ke Polisi, Korban Investasi Bodoh Tunggu Niat Baik Pelaku

Usai memberikan penjelasan, kata Heri, orang LSM itu pun pulang. Namun setelah itu mereka menelepon dan mengancam akan melaporkan pungutan tersebut ke penegak hukum. Bahkan, menurut Heri, orang tersebut meminta uang damai sebesar Rp. 35 juta.

“Katanya

kalau tidak ada uang tunai bisa dicicil. Mereka juga minta persentase dari APBDes. Saya sudah mencatat barang bukti, ini yang saya bawa ke polisi,” pungkas Heri.

(luq)

video pramuat

.

Dimiliki oleh Ipadguides: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”