Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Memuat…

Menu sahur dan buka puasa wajib diperhatikan bagi penderita diabetes yang sedang berpuasa. Foto/www.express.co.uk

JAKARTA – Tersedia berbagai menu untuk sahur dan berbuka puasa untuk penderita diabetes. Menu makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes saat berpuasa di bulan Ramadhan.

Diet yang baik untuk penderita diabetes adalah asupan dengan jumlah serat yang cukup untuk membantu menjaga kadar gula normal. Penderita diabetes Anda tidak bisa hanya makan sahur dan berbuka puasa. Mereka harus memperhatikan makanan yang boleh dikonsumsi atau tidak untuk menjaga kesehatan. Dilansir dari Halodoc, berikut adalah menu sahur dan buka puasa bagi penderita diabetes.

1. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Sebaiknya Anda mengganti nasi putih dengan biji-bijian yang mengandung serat dan nutrisi yang baik untuk penderita diabetes. Makanan dengan serat tinggi baik untuk memperlambat proses pencernaan, sehingga penyerapan nutrisi lebih lambat sehingga membantu menjaga kadar gula darah lebih seimbang. Untuk menggantikan nasi putih, Anda bisa menggunakan nasi merah, roti gandum utuh, pasta gandum, bibit gandum, soba, quinoa, millet, merupakan jenis gandum yang cocok dikonsumsi sebagai menu buka puasa dan sahur.

2.

Tanggal

Bagi penderita diabetes, tanggal sangat direkomendasikan sebagai menu berbuka puasa. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada kurma masih alami, sehingga baik untuk tubuh dan menahan lonjakan kadar gula darah. Kurma yang baik dikonsumsi sebanyak beberapa butir saat berbuka puasa ditemani teh hangat tanpa gula.

Lihat Lainnya: Pengobatan Diabetes Tipe 2, Gula Darah Tinggi Langsung Turun

3.

Air Kelapa

Salah satu menu sahur dan buka puasa bagi penderita diabetes adalah air kelapa. Namun, usahakan untuk mengonsumsi air kelapa yang berasal dari kelapa dan bukan air kelapa kemasan untuk menghindari air kelapa bercampur dengan tambahan gula.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”