Skip to content

Minta Polisi Hentikan Penembakan di Haruku, Wakil Ketua DPRD Maluku: Bisa Picu Konflik

AMBON, KOMPAS.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Azis Sangkala meminta TNI dan Polri menghentikan aksi penembakan misterius yang kerap terjadi di hutan di Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Menurut Azis, penembakan misterius yang menimbulkan korban jiwa tersebut merupakan provokasi yang berpotensi memicu konflik di masyarakat.

Baca juga: Polisi Selidiki Jenis Senjata Tembakan Misterius di Pulau Haruku

“Kejadian ini harus dicegah karena bisa memicu konflik di masyarakat,” kata Azis di kantor DPRD Maluku, Selasa (28/3/2022).

Ia juga meminta Polri dan TNI yang sedang bertugas di Pulau Haruku untuk segera mengungkap dan menangkap pelaku penembakan tersebut.

Penembakan misterius di Pulau Haruku kembali terjadi pada Sabtu (26/3/2022). Akibatnya, seorang warga bernama Ibrahim Sangadji tertembak mati saat mencari ternaknya di Hutan Rual-Rual, Pulau Haruku.

“Kami berharap aparat keamanan segera mengungkap pelaku penembakan agar segera diproses secara hukum,” pintanya.

Terkait rentetan penembakan yang terjadi di Pulau Haruku, Azis meminta warga tetap tenang. Warga juga diminta tidak terprovokasi dengan berbagai isu yang berpotensi memecah belah persatuan.

“Warga harus tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi,” ujarnya.

Ia juga meminta aparat TNI dan Polri melakukan razia terhadap senjata api yang masih beredar di tangan masyarakat.

Razia, kata dia, harus dilakukan secara terukur dan tidak menimbulkan ketakutan di masyarakat.

“Jika tidak berhasil, maka terapi kejut harus diberikan kepada orang yang masih menyalahgunakan senjata api dengan ancaman hukuman pidana yang cukup berat,” jelasnya.

Baca juga: Senjata Api yang Beredar di Pulau Haruku Diduga Sisa-sisa Konflik 1999

Terkait razia senjata api yang beredar di masyarakat, Kabag Humas Polda Maluku Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat mengaku sudah beberapa kali melakukannya.

Namun, polisi kesulitan menemukan senjata api milik masyarakat.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.