Skip to content

Momentum 72 Tahun Hubungan Bilateral, RI-Rumania Perkuat Kerja Sama Pascapandemi

Momentum 72 Tahun Hubungan Bilateral, RI-Rumania Perkuat Kerja Sama Pascapandemi

Memuat…

Forum Konsultasi Politik Indonesia-Rumania ke-8 secara virtual dalam momentum 72 tahun hubungan bilateral kedua negara, Rabu (30/3/2022). Foto/Kedubes Rumania

JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Rumania memperkuat kerja sama pascapandemi COVID-19 saat kedua negara merayakan 72 tahun hubungan bilateral. Sebagai upaya meningkatkan kerjasama di segala bidang, kedua pihak menggelar Forum Konsultasi Politik Virtual ke-8, Rabu (30/3/2022).

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dubes Ngurah Swajaya, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI. Turut hadir Dubes RI untuk Rumania dan Moldova, Muhammad Amhar Azeth.

Sementara itu, delegasi Rumania dipimpin oleh Olivia Toderean, Direktur Jenderal Global Kementerian Luar Negeri Rumania.

Agenda pembahasan dalam pertemuan tersebut antara lain masalah peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan, pemberantasan terorisme, keamanan siber, landasan hukum, penanggulangan COVID-19, dan saling mendukung pencalonan di forum internasional. .

Lihat lainnya: Saat Dibom Ukraina, Rusia Kirim Pesawat Pembawa Bom Nuklir ke Langit Uni Eropa

Menurut Dubes Ngurah Swajaya, sebagai anggota Uni Eropa, Rumania merupakan mitra penting Indonesia. Kedua negara perlu memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi pascapandemi dengan melakukan diversifikasi kerja sama ekonomi guna meningkatkan nilai perdagangan dan investasi.

“Hubungan Indonesia-Rumania telah berkembang sejak dibukanya hubungan diplomatik 72 tahun lalu dan kedua negara perlu meningkatkan kerja sama yang lebih konkrit, seperti di bidang perdagangan, produksi bersama dan investasi,” kata Dubes Ngurah Swajaya dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.comKamis (31/3/2022).

Dubes Ngurah Swajaya memaparkan misi kepresidenan Indonesia pada G20 2022 melalui tema “Recover Together, Recover Stronger” dengan tiga prioritas kepemimpinan Indonesia, yaitu penguatan arsitektur kesehatan global, transisi energi, dan transformasi digital. Hal ini mengarah pada pencapaian pemulihan ekonomi global akibat dampak pandemi.

Pihak Rumania memandang potensi Indonesia sebagai pintu gerbang produk Rumania di kawasan Asia Tenggara. Sementara itu, pihak Indonesia dapat memanfaatkan pelabuhan Constanta sebagai pintu masuk produk Indonesia ke kawasan Uni Eropa.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”