Pak Ribut tetap jadi guru honorer walaupun punya usaha dengan omzet ratusan juta rupiah, ini alasannya

LUMATANG, KOMPAS.com – Ribut Santoso, guru SDN Pagowan 1, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadi sorotan.

Video dirinya berbincang dengan murid-muridnya dengan gaya kedaerahan dan memperlihatkan kepolosan anak-anak selama kegiatan belajar mengajar ternyata viral di media sosial.

Selain sebagai guru honorer, Ribut juga memiliki usaha dengan omzet ratusan juta rupiah per tahun.

Ribut memiliki studio penyewaan kostum karnaval yang dirintis sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Awalnya, usaha persewaan kostum ini hanya memiliki enam busana.

Kini, bisnis sewa kostum yang diberi nama R Dancer Management ini memiliki 50 etalase yang berisi berbagai kostum karnaval.

Baca juga: Kenal Riot Santoso Guru Kehormatan yang Viral Gara-Gara Video Ngobrol dengan Siswa

Meski memiliki bisnis yang sukses, Ribut tetap mau mengajar di SDN Pagowan 1. Bahkan, desa tersebut berjarak sekitar 30 menit dari rumahnya.

Selama 19 tahun, Ribut menjabat sebagai guru honorer dengan gaji minim di sekolah tersebut. Dia biasa mengajar dari Senin sampai Kamis.

Dasar

Saya seorang guru, saya sangat ingin apa yang saya miliki bisa bermanfaat bagi orang lain, termasuk ilmu yang saya dapatkan di bangku kuliah,” kata Ribut di Lumajang, Jumat (25/3/2022).

Ribut Santoso, guru asal Lumajang, Jawa Timur yang viral setelah video pengajarannya dianggap tabu
KOMPAS.com/Miftahul Huda Ribut Santoso, guru asal Lumajang, Jawa Timur yang viral setelah video pengajarannya dianggap tabu

Ribut mengaku, kesuksesan bisnis sewa kostum tak lepas dari kegigihannya mengabdi di dunia pendidikan selama belasan tahun.

Bising

tidak ingin dianggap sebagai kacang yang melupakan kulitnya.

“Usahaku untuk bisa seperti ini juga berawal dari sekolah-sekolah itu, kan kalau musim perpisahan atau karnaval, aku pasti membutuhkan semua pakaian itu padaku, Alhamdulillah,” dia berkata.

.