Skip to content

Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai, Target Selesai 2023

Memuat…

Jalan tol Yogyakarta-Bawean sepanjang 75,82 km resmi dibangun setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan peletakan batu pertama. Foto/Dokumen

JAKARTAKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meletakkan dasar untuk menandai dimulainya konstruksi Tol Yogyakarta-Bawean sepanjang 75,82 km.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengatakan, konstruksi jalan raya yang melintasi kedua provinsi tersebut akan meningkatkan konektivitas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Lihat Lainnya: Tol Yogyakarta-Bawen Akan Dilengkapi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Nantinya, Tol Yogyakarta Bawen akan terhubung dengan Tol Semarang-Solo dan Tol Bandara Internasional Solo-Yogyakarta Kulonprogo yang saat ini masih dalam tahap pembangunan dengan progres 20,21%.

“Ke depan akan membentuk segitiga emas yang dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah khususnya Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar),” kata Hedy dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Ditargetkan pembangunan jalan tol untuk proyek konstruksi seksi satu akan selesai pada triwulan IV tahun 2023. Sedangkan seksi-seksi selanjutnya ditargetkan selesai seluruhnya pada tahun 2024.

Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai, Target Selesai 2023

Hedy Rahardian mengatakan nilai investasi pembangunan jalan tol tersebut sebesar Rp. 14,26 triliun. Dengan nilai yang besar ini diharapkan mampu memberikan dorongan bagi pembangunan ekonomi di Yogyakarta/Jogja dan Jawa Tengah.

Pembangunan jalan tol ini dikerjakan oleh PT. Jasamarga Jogja Bawen (JJB) sebagai Badan Usaha Jalan Tol bentukan konsorsium pemenang lelang.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”