Pemprov Jatim Pertimbangkan Perpanjang Jam Kerja PTM, Ini Alasannya

Pemprov Jatim Pertimbangkan Perpanjang Jam Kerja PTM, Ini Alasannya

Memuat…

SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang mempertimbangkan untuk menambah jam belajar tatap muka (PTM). Hal ini dikarenakan kondisi COVID-19 yang semakin membaik dan tingkat vaksinasi yang cukup tinggi.

“Ada saran dari orang tua siswa untuk menambah jam pelajaran. Pembelajaran tatap muka memang lebih unggul dari pembelajaran jarak jauh,” Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Wahid Wahyudi, Rabu (30/3/2022). ).

Ditambahkannya, banyak siswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh tidak bisa mengikuti secara maksimal karena berbagai faktor. Misalnya faktor teknologi yang sinyalnya kurang baik atau guru yang kurang mempersiapkan materi pembelajaran secara online.

Lihat lainnya: Sebagai Syarat Wajib Mudik Lebaran, Serangan Vaksin Booster Dibanjiri Ribuan Pekerja

Termasuk daya tangkap siswa yang belum terlalu terbiasa mengikuti pembelajaran online. Sehingga kualitas pembelajaran masih belum optimal. “Oleh karena itu, saya setuju bahwa pembelajaran tatap muka tetap menjadi prioritas untuk diperhatikan dan dilaksanakan. Sekali lagi kami siap mengevaluasi untuk meningkatkan pembelajaran tatap muka,” kata Wahid.

Selain

itu, lanjut Wahid, pihaknya juga menyinggung tentang kurangnya persiapan guru yang matang dalam menyiapkan materi pembelajaran online. Daya tangkap siswa juga belum terbiasa mengikuti pembelajaran online. Sehingga kualitas pembelajaran menurun. “Oleh karena itu saya setuju PTM masih menjadi prioritas untuk diperhatikan,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Suharti menjelaskan, PTM Terbatas untuk satuan pendidikan kembali mengikuti ketentuan dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 06/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

“Kita

semua tahu bahwa pandemi COVID-19 terus membaik. Namun, tetap sangat penting bagi dinas pendidikan dan sekolah untuk memastikan pembelajaran bagi semua siswa dapat berlangsung dengan aman, nyaman dan menyenangkan,” ujarnya.

(msd)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”