Skip to content

Pencapaian Vaksin Booster di Sumbawa Rendah, Kadinkes: Kita Terus Percepat

SUMBAWA, KOMPAS.com – Pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau pemacu di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), sangat rendah. Sejauh ini, 33.200 orang telah disuntik atau 9 persen dari target.

“Kita terus akselerasi, tapi momentum ini masyarakat masih aktif di sawah dan ladang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Junaidi kepada Ipadguides.com, Rabu (30/03/2022).

Baca Juga: Warga Mendengar Ledakan, Nelayan di Sumbawa Ditemukan Tewas Mengerikan

Menurutnya, Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan telah melakukan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi pemacu. Namun kesadaran masyarakat masih rendah.

“Ada petugas kami di lapangan yang mengambil bola, dengan pintu ke pintu ke rumah-rumah warga,” katanya.

Junaidi menambahkan, masih ada orang yang beranggapan bahwa vaksinasi pemacu dilakukan enam bulan setelah menerima dosis kedua.

“Aturan vaksin baru pemacu Setelah tiga bulan, dosis kedua tidak banyak diketahui masyarakat,” katanya.

Ia berharap, vaksin pemacu yang salah satu syarat mudik lebaran bisa meningkatkan pencapaian vaksinasi dosis ketiga di Sumbawa.

Ia mengatakan, tak jarang stok vaksin Covid-19 di Sumbawa habis karena tidak pernah digunakan.

“Kedaluwarsa karena ketersediaan vaksin ini terlalu banyak sedangkan targetnya kecil,” bahkan tidak diminta datangnya vaksin dari pusat. Vaksin kadaluarsa sudah kami kembalikan,” lanjutnya.

Baca Juga: Diduga Kehabisan Oksigen, 4 Penambang Emas Ilegal di Sumbawa Meninggal

Berdasarkan data capaian vaksinasi Covid-19 di Dinas Kesehatan Provinsi NTB, capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sumba sekitar 93,96 persen dan dosis kedua 78,28 persen.

Sedangkan vaksinasi anak dosis pertama mencapai 83,4 persen dan vaksinasi anak dosis kedua mencapai 68,57 persen.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.