Skip to content

Pengakuan Kelompok Teroris Abu Roban, Keluarga Selalu Dihujat dan Merasa Kafir

Pengakuan Kelompok Teroris Abu Roban, Keluarga Selalu Dihujat dan Merasa Kafir

Memuat…

Anggota kelompok teroris Abu Royan mengaku kafir. Foto: Adi/SINDOnews

BANDUNG BARAT – Mantan teroris dari kelompok Abu Roban yang pernah melakukan serangkaian aksi teror di tahun 2000-an berbagi pengalamannya terkait kehidupan kelam yang dijalaninya.

Pria yang akrab disapa William Maksum alias Acum itu ditangkap Tim Densus 88 di Jalan Cipacing, Sumedang, Jawa Barat, Selasa, 7 Mei 2013. Dari situ, jaringan teroris kelompok Abu Roban berhasil diungkap.

Setelah menjalani hukuman delapan tahun penjara dari hukuman 12 tahun, ia kini sadar sepenuhnya dan mampu kembali berbaur dengan masyarakat. Bahkan, mereka bisa berbagi wawasan dan pengalaman terkait bahaya terorisme.

Lihat lainnya: Perempuan Berperan Penting dalam Penanggulangan Radikalisme-Terorisme

“Banyak pelajaran yang saya ambil dari masa lalu, untuk menjalani babak baru kehidupan di masa depan,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme kepada ASN di Pemda KBB, Rabu (30/3). /2022).

Dikatakannya, dalam menilai suatu pemahaman tidak cukup hanya dengan mempercayainya. Setiap orang perlu membaca referensi suatu masalah dari berbagai pemahaman. Agar pemikirannya tidak sempit.

Ia pernah merasakan sakit yang dirasakan keluarganya saat banyak yang menghujat. Padahal mereka tidak tahu dan tidak terlibat dalam apa yang mereka lakukan.

Namun saat ia melakukan tindakan yang menyebabkan nyawa orang lain hilang, kini ia baru merasakan bagaimana kehilangan dari keluarga orang yang tidak bersalah.

Baca: Konsep Pentahelix Penanggulangan Terorisme Harus Memiliki Sinergi Yang Kuat

Oleh karena itu, lanjutnya, agar tidak terjerumus ke dalam pemahaman yang salah, perlu ada klarifikasi dan pendalaman, seperti belajar agama dengan para ahli. Kemudian ketika ada pemahaman yang berbeda diskusikan.

“Mudah-mudahan kesalahan saya dimaafkan. Saya kafir waktu itu dan sekarang saya bebas dari itu semua. Saya juga tidak tahu dengan jaringan Abu Roban yang lain, karena mereka sudah terpisah dari kelompoknya,” ujarnya.

(hsk)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”