Pengusaha Butuh Kepastian dan Stabilitas Politik

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Penanaman Modal/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia kembali angkat bicara soal penundaan Pemilu 2024. Menurutnya, penundaan pemilu itu baik untuk memberikan kepastian investasi.

Namun sebagai catatan, penangguhan tersebut dilakukan secara komprehensif dan sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

“Dari segi investasi, pengusaha butuh kepastian, stabilitas politik. Kalau wacana penundaan bisa dilakukan secara komprehensif dan mekanisme undang-undang, menurut saya bagus untuk investasi,” kata Bahlil di Senayan. Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (30/3/2022). ).

Bahlil menilai ada sejumlah pihak yang sependapat dengannya terkait penundaan Pemilukada 2024. Bahkan, dukungan juga dikatakan datang dari para politisi di parlemen.

Baca juga: Jokowi Buka Suara Lagi: Akui Sering Mendengar Usulan Jabatan Presiden Selama 3 Periode, Tapi Janji Taati Konstitusi

Menurut dia, tidak ada yang bisa menghalanginya untuk mengungkapkan pendapatnya tentang penundaan pemilu.

“Ini parlemen, lembaga demokrasi, orang mau bicara apa saja, termasuk menunda pemilu. Tidak dilarang,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai negara demokrasi, menyampaikan pendapat termasuk menunda pemilu adalah sesuatu yang wajar. Bahkan, ia menilai wacana tersebut merupakan pemikiran yang konstruktif demi kebaikan bangsa.

“Itu

(menunda pemilu) wajar. Tinggal bagaimana prosesnya di parlemen, apakah diperbolehkan atau tidak, silakan diselesaikan di sini,” jelasnya.

Diketahui, Bahlil sebelumnya sempat mengusulkan penundaan pilkada Januari lalu.

mengutip Ipadguides.tvBahlil Lahadalia mengungkapkan rata-rata pelaku usaha berharap Pilpres 2024 atau peralihan kepemimpinan ditunda.

Baca juga: Jokowi: Saya Sudah Sering Mendengar Teriakan Jabatan 3 Jabatan

Pertimbangan ini karena pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

“Kalau kita cek di dunia bisnis, rata-rata mereka sangat berpikir bagaimana proses demokrasinya, dalam konteks transisi kepemimpinan, jika ada ruang pertimbangan untuk prosesnya dimundurkan, itu jauh lebih baik,” kata dia. Bahlil dalam survei yang dirilis oleh Indonesian Political Indicators. , Minggu (9/1/2022).

“Kenapa,

karena mereka baru saja selesai digempur masalah kesehatan. Ini dunia bisnis baru, baru mau naik, tiba-tiba ingin ditimpa masalah politik. Jadi begitulah hasil diskusi saya dengan mereka,” sambungnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.