Penumpang PPLN Bertumpuk di Bandara Soetta, Pengamat Penerbangan Alvin Berbohong: Belum Siap

Penumpang PPLN Bertumpuk di Bandara Soetta, Pengamat Penerbangan Alvin Berbohong: Belum Siap

Memuat…

Pengamat Penerbangan, Alvin Lie menilai sejumlah lonjakan wisatawan asing (PPLN) yang terjadi beberapa pekan lalu di kawasan Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soetta menunjukkan kesiapan yang kurang. Foto/Dokumen

JAKARTA – Pengamat Penerbangan Alvin Lie menilai sejumlah paku wisatawan asing (PPLN) apa yang terjadi beberapa minggu yang lalu di area Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menunjukkan kurangnya kesiapan pemberian layanan.

Lihat Lainnya: Antrian Penumpang di Terminal 3 Soetta Membludak, Kemenhub Angkat Bicara

Mulai dari pemangku kepentingan bandara, kantor kesehatan pelabuhan (KKP) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam melakukan uji PCR. Alvin Lie meminta KKP meninjau kembali sejumlah prosedur penambahan loket tes PCR, hingga pembukaan kembali terminal 1.

“Sebenarnya kemarin (ada lonjakan) belum siap, mulai dari jumlah loket, begitu juga dengan proses administrasinya. Yang lama manajemen administrasi dan apakah jumlah loket dan petugas sudah mencukupi atau tidak, harus direview lagi,” kata Alvin Lie saat dihubungi MNC PORTAL, Rabu (30/3/2022).

Menurutnya,

ketika pemudik turun dari maskapai atau pesawat, ada sekitar 300 penumpang, dan sekitar 10 orang yang melayani PPLN akan memakan waktu lama.

“Jadi artinya kalau turun 300 orang dilayani 10 orang, satu penumpang untuk satu menit adalah penumpang terakhir yang dilayani 30 menit kemudian. Dan kalau bisa ditambah lagi,” ujarnya.

“Kemudian misalnya pesawat yang datang juga saling berdekatan, ini juga sudah lebih dari satu jam. Makanya saya imbau kepada otoritas bandara, mulai dari KKP bersama Kementerian Kesehatan meninjau kembali prosedur pelayanan PPLN di Bandara Soetta. . Jangan sampai terjadi penumpukan lagi seperti kemarin,” ujarnya.

Lihat

Lainnya: Antrian Tes PCR Meluas di Bandara Soetta, PPLN: Lebih Baik Dari Karantina

Menurut Alvin Lie, penerbangan domestik dan luar negeri per minggu mengalami peningkatan penumpang di sejumlah destinasi keberangkatan. “Jadi sejak penghapusan antigen PCR (terutama sejak pemerintah melonggarkan karantina) terjadi peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat saat ini sudah mencapai 75 persen dari rata-rata pergerakan harian pada 2019,” jelasnya.

Tak hanya itu, pengamat penerbangan ini juga meminta Angkasa Pura membuka kembali fungsi Terminal 1 di Bandara Soetta pasca revitalisasi untuk menanggung beban terminal 2 dan 3. Bandara di terminal 2 dan 3 menjadi kelebihan beban, apalagi sudah kelebihan beban. penuh sesak,” katanya.

(akr)

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”