Penyusunan RKPD Terbaik di Jabar Saat Pandemi, Sumedang Wakili Jabar di PPD Nasional

KOMPAS.com – Kabupaten Sumedang terbaik dalam Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Pencapaian ini cukup mengejutkan karena RKPD Kabupaten Sumedang disusun di masa pandemi Covid-19.

Hal ini membuat Kabupaten Sumedang mewakili Jawa Barat dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) di tingkat nasional.

Alhamdulillah Kabupaten Sumedang kembali mendapat penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Barat. Kali ini terbaik pertama di provinsi (Jawa Barat) untuk penyusunan dokumen RKPD,” kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di acara PPD Provinsi Jawa Barat, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Ketua TP PKK Jabar Puji Data Stunting Pemkab Sumedang

Bupati Dony Ahmad berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang untuk melakukan persiapan dan perencanaan yang berkualitas.

Tak hanya itu, Bupati Dony juga berencana mendukung pencapaian target dalam mewujudkan visi dan misi Sumedang Simpati.

“Visi Sumedang Simpati adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berkarakter religius, maju di daerah, profesional di aparatur, dan kreatif di bidang ekonomi. Pada tahun 2023 diharapkan dapat terwujud dan tahapan perencanaan yang telah dilalui dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Baca

Juga: Hanya 10,25 Persen Aset Tanah yang Bersertifikat, Ini Upaya Pemkab Sumedang

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati mengatakan, prestasi dalam penghargaan PPD Provinsi Jabar ini merupakan tiket untuk meraih prestasi di tingkat nasional.

Alhamdulillah kami menjadi wakil Jawa Barat di tingkat nasional. Nanti pada 4 April 2022, kami akan menerima juri dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk memverifikasi kompetisi PPD tingkat nasional tahap ketiga,” kata Tuti.

Tuti

mengatakan, salah satu aplikasi yang diangkat dalam kompetisi ini adalah aplikasi Sistem Informasi Berbasis Basis Data Online (Sipedo).

Baca juga: Antisipasi Gugusan Covid-19 di Sekolah, Pemkab Sumedang Akan Lakukan Random Testing

.