Skip to content

Permudah Transaksi Non Tunai Masyarakat, BI Babel dan Pemkab Bangka Barat Luncurkan QRIS

BANGKA BARAT, IGNews.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat meluncurkan sistem pembayaran non tunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Sistem pembayaran digital ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi sehingga lebih aman dan efisien.

Jenis pelayanan publik yang dapat dibayar melalui sistem QRIS adalah pembayaran pajak sembilan, rumah sakit, objek wisata Menumbing, pasar tani, kartu pasar, kartu KIR, name tag pegawai dan BSB Cash.

“Jadi tren digitalisasi ini menjadi kebutuhan bagi kami, tetapi justru memberikan kemudahan. Tujuannya untuk meningkatkan transaksi digital di pemerintahan di sini. Tujuan utamanya untuk meningkatkan PAD dan transaksi yang transparan serta good governance dan efisiensi,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Babel, Edy Josinar Purba, Selasa (29/3/2022).

Sementara itu, Bupati Bangka Barat Sukirman mendukung keberadaan sistem pembayaran QRIS ini seiring dengan perkembangan teknologi digital.

“Tentu kami dukung, karena kami ingin memastikan Bangka Barat mengikuti perkembangan dunia digital. Mulai dari desa digital, pembayaran digital dan tentunya sistem ini akan meningkatkan kualitas layanan nontunai di Bangka Barat,” kata Sukirman .

Selain itu, Sukirman menambahkan, sistem pembayaran nontunai QRIS akan diterapkan secara bertahap untuk transaksi bagi pelaku UMKM.

“Secara bertahap ini akan diterapkan pada pelaku UMKM kita, termasuk yang ada di halaman Gedung Aparatur. Nanti kita belanja menggunakan barcode,” ujarnya.

Redaktur : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel:

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”