Skip to content

Persiapan Ujian, Disdik Sleman mengizinkan 100 persen PTM untuk siswa Kelas 6 dan 9

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman DI Yogyakarta membolehkan 100 persen pembelajaran tatap muka (PTM) untuk siswa kelas 6 SD dan siswa kelas 9 SMP.

Kebijakan 100 persen PTM ini untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi Penilaian Standarisasi Penilaian Daerah (ASPD).

“Kami PTM 50 persen, kecuali kelas 6 SD dan kelas 9 SMP 100 persen,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana, Selasa (29/03/2022).

Baca juga: PTM 100 persen di Jakarta akan dilaksanakan kembali mulai 1 April 2022

Ery mengatakan kebijakan PTM adalah 100 persen untuk kelas 6 Sekolah Dasar (SD) dan Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mempersiapkan ASPD pada Mei.

Pembelajaran tatap muka tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Yang 100 persen sudah dimulai sejak Senin lalu. (Prokes) tidak bisa kendor, meski kondisi (Covid-19 di Sleman) sudah menurun, protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat,” katanya.

Proses tatap muka 100 persen untuk kelas 6 SD dan 9 SMP 4 jam pembelajaran sehari. Nanti jam belajarnya akan dievaluasi jika Sleman sudah turun tingkat PPKMnya.

Menurut Ery, pihaknya belum 100 persen melaksanakan PTM di luar dua level tersebut karena Pemkab Sleman masih menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III.

Nantinya, setelah PPKM di Kabupaten Sleman diturunkan levelnya, tidak menutup kemungkinan PTM akan dilakukan lagi 100 persen.

“Dalam satu atau dua minggu, kita lihat, nanti jika dalam seminggu levelnya turun atau kondisi memungkinkan, kami tidak menutup kemungkinan 100 persen (PTM) kami,” katanya.

Sekolah lanjutan Ery sudah siap saat PTM 100 persen diterapkan. Saat ini, belum ada klaster penularan Covid-19 di sekolah-sekolah di Kabupaten Sleman.

“Sekolah sudah siap. Orang tua setuju PTM 100 persen,” pungkasnya.

Baca Juga: 100 Persen PTM Jalan Lagi di Tangerang Selatan, Dindik Klaim Tidak Ada Laporan Kasus Covid-19

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.