Skip to content

Polisi Akan Gelar Operasi Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Selama Ramadhan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan melakukan upaya antisipasi kemacetan dan kemacetan lalu lintas selama bulan Ramadhan 2022.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas (Div Humas) Polri Brigjen (Brigjen) Ahmad Ramadhan mengatakan, operasi tersebut akan dilakukan di jalan-jalan ke sejumlah pusat keramaian.

Penjagaan di sekitar lokasi keramaian akan dilakukan sesuai dengan kondisi setempat.

“Pemantauan lalu lintas secara berkala harus dilakukan misalnya di kawasan oleh Ditlantas Polda Metro, tentunya akan menyesuaikan dengan keadaan,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (30/ 3/2022).

Baca juga: Petakan 3 Lokasi Rawan tawuran di Kota Bekasi, Polisi Tingkatkan Patroli Saat Ramadhan

Menurut dia, detail terkait pengamanan dan antisipasi kemacetan akan disampaikan kemudian.

“Jadi seperti biasa, masuk bulan puasa Ramadhan pasti ada spot-spot yang ramai. Misalnya nanti kalau ada tempat orang belanja, buka puasa, macam-macam,” ujarnya.

Sedangkan untuk bulan suci Ramadhan tahun ini, jalanan sudah mulai terlihat ramai.

Salah satunya adalah jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Misalnya, pada 26 Maret 2022, sekitar seminggu sebelum bulan Ramadhan 1443 H atau bulan puasa 2022, lalu lintas kendaraan di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, terpantau ramai.

Arus kendaraan di sana pada Sabtu (26/3/2022) malam, meningkat meski tidak terlihat antrean panjang kendaraan.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Harga Sembako di Kabupaten Malang Merayap

Seperti diketahui, kendaraan yang datang kebanyakan berdomisili di luar kota dan mengarah ke destinasi wisata di kawasan Cipanas.

.