Skip to content

Polisi Pastikan Tidak Ada Kendaraan yang Menghalangi Pelabuhan Merak Saat Mudik Lebaran

CILEGON, KOMPAS.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi membenarkan selama arus mudik Lebaran tahun ini tidak ada kendaraan yang menghalangi di Pelabuhan Merak, Banten.

“Tidak ada pembatas jalan, lebih banyak pembatasan karena jika semuanya masuk bersamaan sambil menunggu, akan terjadi penumpukan,” kata Firman kepada wartawan di kantor ASDP Merak, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Angkot Bawa Karyawan Pabrik Tabrak Truk di Tol Tangerang-Merak, 14 Orang Luka-luka

Firman menyampaikan, posko pelayanan vaksinasi akan diperluas dan dibuka di tempat istirahat jalan tol dan di pelabuhan seperti di Merak.

“Posko ini akan melayani remaja putri yang belum atau yang akan divaksin, karena kita lihat belakangan ini banyak masyarakat yang sudah menerapkan vaksin untuk bisa mudik (mudik),” kata Firman.

Meski ada pemblokiran di Tol Tangerang-Merak, Firman memastikan tidak ada pemblokiran.

Melainkan pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak.

Baca juga: Pelebaran Jembatan Ciujung di Tol Tangerang-Merak Ditargetkan Selesai Sebelum Mudik Lebaran

“Kalau di tol ada penyumbatan ya tidak diblokir. Tapi di sini di Pelabuhan (Merak), kapasitasnya berapa? Begitu ada informasi, 50 buka, 50 kirim. Jadi, tidak menumpuk. sampai sini,” kata Firman.

Firman menjelaskan, berbagai upaya akan dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kendaraan saat arus mudik.

Pertama, kata Firman, akan meningkatkan kapasitas jalan di jalan tol dengan menerapkan aliran berlawanan bahkan akan melakukannya satu arah.

Langkah kedua, lanjut Firman, membatasi kendaraan besar di puncak arus mudik atau H-7 Lebaran.

Ketiga, Firman meminta masyarakat menggunakan angkutan umum untuk mudik dengan tujuan mengurangi volume kendaraan.

“Semua ini kami lakukan demi kelancaran, tidak menghambat kegiatan ekonomi atau pemulihan yang sedang kami upayakan,” kata Firman.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.