Skip to content

Potensi Tsunami Ancam Bandara YIA, BMKG Perkuat Mitigasi Bencana Melalui Sekolah Lapang

KULONPROGO, IGNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapangan Gempa dan Tsunami di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Selasa (29/3/2022). Hal ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman tentang mitigasi bencana bagi seluruh pemangku kepentingan di bandara.

“Sekolah lapangan ini merupakan upaya peningkatan kapasitas otoritas bandara sekaligus untuk membangun tanggap gempa dan tsunami di kawasan Bandara YIA,” kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta, Warjono saat membuka sekolah lapangan di Bandara YIA, Selasa (29/3/2022).

BMKG, kata dia, sedang berupaya memantau aktivitas seismik dan potensi tsunami di Indonesia. Mereka juga akan memberikan bantuan kepada Bandara YIA dalam mewujudkan program masyarakat kesiapsiagaan gempa dan tsunami melalui simulasi bencana.

“Kami ingin mewujudkan program masyarakat siaga gempa dan tsunami dengan menyusun peta rawan tsunami untuk kawasan Bandara YIA,” ujarnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, Bandara YIA terletak di pesisir pantai yang rawan gempa dan tsunami. Namun dalam proses pembangunannya menggunakan kajian dan mitigasi bencana bekerjasama dengan semua pihak.

Bandara YIA dirancang untuk siap menghadapi gempa berkekuatan 8,8 SR dan tsunami dengan ketinggian 12,8 meter. Bandara juga telah dilengkapi dengan alat pendeteksi bencana yang berada di dalam lingkungan bandara. Sebuah pusat krisis bahkan telah disiapkan sebagai tempat evakuasi untuk menampung 1.000 orang.

“Bandara ini dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat evakuasi atau penampungan saat terjadi gempa dan tsunami,” ujarnya.

Redaktur : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel:

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”