Profil Iwan Setiawan, Danjen Kopassus Baru Sang Penakluk Gunung Everest

JAKARTA, KOMPAS.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengangkat Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Waaslat KSAD) Kerjasama Militer (Kermamil) Brigjen Iwan Setiawan menjadi Panglima Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan TNI.

Dengan keputusan ini, Iwan akan menggantikan Mayjen Widi Prasetijono yang dipercaya menjadi Pangdam IV/Diponegoro menggantikan Mayjen Rudianto.

Sedangkan Rudianto akan menjabat sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) menggantikan Letnan Jenderal R Wisnoe Prasetja Boedi yang akan menjabat sebagai perwira tinggi di Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Baca juga: Dalam 4 Bulan Terakhir, Ada Perubahan Danjen Kopassus 3 Kali

Dalam surat yang ditandatangani dan dicap Kepala Sekretariat Jenderal Brigjen Edy Rochmatullah pada 25 Maret 2022 itu, sebanyak 113 perwira tinggi dimutasi.

Sementara itu, pergantian pimpinan Korps Baret Merah telah dikukuhkan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna.

Soal mutasi Pati di lingkungan TNI termasuk Danjen Kopassus itu benar, kata Tatang saat dikonfirmasi. Ipadguides.comSelasa

(29/3/2022).

Tatang mengatakan mutasi merupakan hal yang wajar karena diperlukan pola kaderisasi dan pengembangan karir prajurit TNI.

Baca juga: Jadi Danjen Kopassus, Brigjen Widi Prasetijono Mantan Ajudan Jokowi Yang Jadi Dandim Solo

Dikatakannya, saat ini belum ada serah terima jabatan (sertifikat) jabatan Danjen Kopassus.

“Saat ini serah terima belum dilakukan. Perilisan terkait akan kami sampaikan setelah sertifikat dilakukan,” imbuhnya.

.