Profil Kota Banjarmasin

KOMPAS.com – Kota Banjarmasin merupakan daerah yang pernah menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal ini disebabkan adanya perpindahan pusat pemerintahan dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru.

Baca juga: Profil Kota Banjarbaru

Sebagai salah satu daerah yang dekat dengan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, berikut profil lengkapnya.

Daerah dengan nama resmi Kota Banjarmasin ini dikenal sebagai Kota Seribu Sungai.

Baca juga: Jadwal Terbaru Damri Banjarmasin Angkutan Perintis, Rute dan Tarif

Mengutip laman west.banjarmasinkota.go.id, asal muasal Kota Banjarmasin yang dulu bernama Kota Tatas berawal dari nama daerah Kuin yang dipimpin oleh Patih Masih yang berasal dari desa Oloh Masih.

Desa Oloh Masih ini kemudian berkembang menjadi desa Banjarmasin yang kemudian dipimpin oleh Pangeran Samudera yang merupakan putra Kerajaan Daha menjadi raja di wilayah ini.

Baca juga: Daftar Gubernur Kalsel, Dari Muhammad Noor Hingga Sahbirin Noor

Sejak saat itu berdirilah kerajaan Banjar yang kemudian menaklukkan Muaran Baan dan menjadikan sungai sebagai jalur perdagangan.

Kerajaan

Banjar yang diserang oleh Kerajaan Demak akhirnya bersekutu setelah menerima ajaran Islam. Keduanya kemudian menyerbu Daha dan menguasainya.

Peristiwa saat Pangeran Samudera memeluk agama Islam dan bergelar Sultan Suriansyah pada 24 September 1526/6 Dzulhijjah 932 H dijadikan Hari Jadi Kota Banjarmasin.

Geografi

Dilaporkan dari Kota Banjarmasin dalam Angka Tahun 2022 yang dikeluarkan oleh BPS, letak Kota Banjarmasin secara astronomis antara 3°16’46” sampai dengan 3°22’54” Lintang Selatan dan 114°31’40” sampai dengan 114° 39’55” Bujur Timur.

.