Skip to content

Ramadhan, Kendal Buka Lapas Pengamanan Diperketat

KENDAL, KOMPAS.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B atau Lapas Terbuka Kendal, Jawa Tengah, akan memperketat pengamanan selama bulan Ramadhan 2022. Pasalnya, pada bulan Ramadhan, jam aktivitas narapidana meningkat.

“Biasanya narapidana bekerja sampai sore, saat Ramadhan hingga malam hari, karena ada kegiatan tarawih dan tadarus,” kata Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy, Rabu (30/2/2022).

Baca juga: Lapas Terbuka Kendal Punya Agro Wisata Untuk Anak, Bisa Belajar Berkebun

Rusdedy, siapa yang bertemu? Ipadguides.com usai melakukan pelatihan keamanan dan ketertiban di bulan Ramadhan, menambahkan selama Ramadhan beberapa pos jaga akan diperketat. Jika pada hari biasa dijaga sekitar 7 orang, pada bulan puasa akan dijaga 11 petugas.

“Sejauh ini tidak ada kejadian napi kabur di bulan Ramadhan. Tapi kami tetap waspada,” kata Rusdedy.

Rusdedy menambahkan, jumlah petugas di Lapas Terbuka sebanyak 62 orang. Dari 62 perwira tersebut, hanya 4 orang yang mengenyam pendidikan kualifikasi, dan 2 orang mengenyam pendidikan dasar.

Selebihnya belum pernah, karena sebagian besar pegawainya masih baru. Oleh karena itu, I Rusdedy, mulai hari ini, sebulan sekali pihaknya akan mengadakan pelatihan internal bagi pegawai Lapas Terbuka yang bertema masyarakat.

Tujuannya agar petugas lebih disiplin dan lebih memahami tugas pokok dan fungsinya. Ini termasuk perawatan tahanan dan pengembangan, keamanan dan ketertiban

“Jumlah narapidana di Lapas Terbuka adalah 37 orang. Ada rencana untuk menambahkan lebih banyak dalam waktu dekat. Mereka adalah narapidana yang berasimilasi,” kata Rusdedy.

Sementara itu, salah satu nara sumber pelatihan, Mashudi, mengatakan kepala penjara harus bertanggung jawab mengamankan, menerima, dan membebaskan narapidana.

Karena setiap warga yang masuk dan bebas, harus diberitahu oleh Kapolri. Karena surat itu ditandatangani Kapolri.

“Yang menandatangani surat itu adalah kepala penjara. Ya, dia harus bertanggung jawab,” kata Mashudi.

Baca Juga: Lari dari Lapas Terbuka Kendal, Tahanan Ini Tewas Usai Ditembak Polisi di Lampung

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.