Skip to content

Resmi Ditutup, Rapat Koordinasi Perpustakaan 2022 Menghasilkan 9 Rekomendasi

Resmi Ditutup, Rapat Koordinasi Perpustakaan 2022 Menghasilkan 9 Rekomendasi

Memuat…

Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan 2022 menghasilkan 9 rekomendasi. Foto/Dok/Perpustakaan Nasional.

JAKARTA – Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan 2022 resmi ditutup pada Rabu (30/3/2022). Rakornas yang dihadiri 10.000 peserta ini juga menghasilkan sembilan rekomendasi untuk mendukung perkembangan perpustakaan di Indonesia.

Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Ofy Sofiana yang ditunjuk menutup Rakornas dengan tema Transformasi Perpustakaan Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional, mendorong semua pihak yang terlibat untuk selalu melakukan gerakan literasi yang baik di daerahnya masing-masing. .

“Semua yang kami lakukan adalah panggilan tugas dan kecintaan kami sebagai pustakawan dalam meningkatkan literasi masyarakat di seluruh tanah air kita tercinta, sebagai prasyarat untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang maju dan unggul,” katanya dalam siaran pers, Kamis (31/3). /2022).

Baca: Layanan Perpustakaan Anak Perlu Dikembangkan

Sofiana juga berharap apa yang telah disiapkan dalam forum Rakornas dalam mengembangkan perpustakaan ini dapat menjadi komitmen bersama. Disamping itu juga dapat ditindaklanjuti sebagai landasan operasional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di bidang perpustakaan dan kepustakawanan.

Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan menghasilkan beberapa poin rekomendasi penting yang menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh personel perpustakaan di seluruh Indonesia. Rekomendasi ini dibacakan oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Hasan Sijaya, dengan isi rekomendasi yaitu:

1. Peningkatan budaya literasi dalam mendukung Program Prioritas Peningkatan Budaya Literasi, Inovasi dan Kreativitas Demi Terwujudnya Masyarakat Berilmu, dan Berkarakter dengan indikator Nilai Budaya Literasi yang telah ditargetkan pada tahun 2024 sebesar 71 (tinggi), dengan komponen utamanya adalah tingkat kegemaran membaca masyarakat, akses internet, dan kunjungan ke perpustakaan/taman baca) semua jenis perpustakaan di Indonesia dalam rangka mendukung target pencapaian tersebut.

2. Perpusnas bersama Perpustakaan Umum, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Sekolah/Madrasah, dan Perpustakaan Perguruan Tinggi, Ikatan Profesi, Perpustakaan dan Forum Literasi, serta pemangku kepentingan untuk bersinergi lintas lembaga guna meningkatkan dan mengembangkan layanan perpustakaan baik konvensional maupun digital guna mendukung sumber daya manusia perkembangan.

3. Perpusnas bersama Perpustakaan Umum, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Sekolah/Madrasah, dan Perpustakaan Universitas, Ikatan Profesi, Perpustakaan dan Forum Literasi serta pemangku kepentingan lainnya melakukan transformasi perpustakaan sebagai sarana penguatan akses informasi ilmiah dan mendukung terwujudnya dari ekosistem digital nasional.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”