Skip to content

Rumah Teletubbies Sleman Banjir Akibat Luapan Sungai, Warga mengungsi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Banjir melanda kawasan desa wisata Domes atau yang dikenal dengan rumah teletubbies di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Akibat rumah yang terendam banjir, warga terpaksa mengungsi untuk sementara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan mengatakan, hujan deras yang terjadi di kawasan Prambanan menyebabkan Sungai Gawe meluap.

Baca juga: Mengetahui Dua Bendungan Kering di Jawa Barat, Senjata Pengendali Banjir Jakarta

“Dampaknya di Sengir Padukuhan (rumah kubah teletubbies), Kentheng, Banaran, Dayakan dan Berjo,” kata Makwan, Rabu (30/3/2022) malam.

Makwan menuturkan, luapan sungai Gawe mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 16.00 WIB. Rumah warga terendam luapan air setinggi 30 cm hingga 50 cm. Namun pada pukul 18.30 WIB air sudah mulai surut.

“Hasil koordinasi pemerintah daerah untuk yang berada di kawasan teletubis, anak-anak dan lansia akan ditempatkan di aula RW,” ujarnya.

Rumah warga yang terendam banjir luapan Sungai Gawe Dusun Kentheng, 20 rumah di RT 6 dan 15 rumah di RT 3. Dusun Sengir atau lebih dikenal dengan dome teletubbies rumah 25 rumah di RT 6. Sedangkan Dusun Dayakan adalah masih dalam proses penilaian.

“Sekitar 60 hektare pemukiman dan persawahan terendam,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Logistik dan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro menambahkan, pihaknya telah mendirikan posko utama di lokasi tersebut.

“Kami sudah siapkan logistik darurat, makanan, selimut, pakaian, termasuk untuk kebutuhan sekolah anak-anak. Kami sudah siapkan di posko utama, kami hanya perlu mencatat jumlah keluarga, kami akan segera mendorong mereka ke sana. Untuk makanan sementara dengan Tagana dan Dinas Sosial,” pungkasnya. .

Baca juga: Sering Banjir, Jembatan di Klumutan-Madiun Ambles

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.