Skip to content

Rusia-Iran Perkuat Kerja Sama di Semua Bidang Meski Ada Sanksi Barat

Rusia-Iran Perkuat Kerja Sama di Semua Bidang Meski Ada Sanksi Barat

Memuat…

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian (kanan). Foto/sputnik

BEIJING – Republik Islam Iran telah hidup dengan sanksi Barat selama beberapa dekade. Rusia melampaui Iran sebagai negara yang paling terkena sanksi setelah meluncurkan operasi militernya di Ukraina bulan lalu.

Teheran telah mengembangkan langkah-langkah ekstensif untuk melindungi diri dari pembatasan dan menggunakannya untuk keuntungannya di berbagai bidang termasuk industri, teknologi, dan pertahanan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian telah mengkonfirmasi keinginan negara mereka untuk terus memperkuat kerja sama di segala bidang.

Lihat lainnya: Rusia Peringatkan Pasukan Ukraina Soal Penggunaan Mobil PBB

Tekad itu diungkapkan meskipun ada sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat terhadap Moskow dan Teheran.

Lihat lainnya: Perang Ukraina Picu Krisis Pangan, PBB: Terburuk Sejak Perang Dunia II

Langkah itu diungkapkan Kementerian Luar Negeri Rusia (Kemlu) dalam pernyataannya usai pertemuan kedua para menteri luar negeri di Tunxi, China, Rabu (30/3/2022).

Lihat lainnya: PBB sebut lebih dari 4 juta warga Ukraina melarikan diri dari perang

‚ÄúPertukaran pandangan yang tajam tentang isu-isu utama dari agenda regional dan global, dengan penekanan pada perkembangan situasi di Ukraina dan Afghanistan, terjadi. Perhatian yang meningkat diberikan pada keadaan seputar kesepakatan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan pada program nuklir Iran,” kata pernyataan itu.

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”