Skip to content

Saat Mahasiswa UI Berkumpul di Telaga Kenanga, Kritik Kasus Akseyna Mandek

DEPOK, KOMPAS.com – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi simbolis memperingati tujuh tahun meninggalnya Akseyna Ahad Dory (19) yang ditemukan tewas di Danau Kenanga, Kampus UI, Depok.

Aksi simbolis tersebut merupakan bentuk solidaritas mahasiswa UI untuk merespon lambatnya pengungkapan kasus kematian Akseyna.

Dipantau Ipadguides.com di lokasi, mereka berkumpul di depan Gedung Perpustakaan UI dengan mengenakan pakaian serba hitam dan membawa poster bertuliskan ‘UI Ayo Tanggung Jawab’ dan ‘Percuma melapor ke polisi’.

Tak hanya itu, ada juga foto mendiang Akseyna yang dipajang di depan ratusan mahasiswa disertai karangan bunga.

Baca Juga: Pihak Keluarga Sampaikan Surat ke Kapolri Soal Kasus Kematian Akseyna, Tapi Tak Ada Tanggapan…

Di depan foto mendiang Akseyna, para mahasiswa menyampaikan pendapat dan menuntut pihak terkait mengusut tuntas kasus tersebut.

Mereka juga menanam bunga sebelum ditutup dengan doa untuk mengenang Akseyna Ahad Dory.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Bayu Satria mengatakan, tindakan yang dilakukan rekan-rekannya tersebut merupakan bentuk solidaritas atas penanganan kasus Akseyna yang mandek.

“Tindakan hari ini karena UI dan kepolisian tidak tanggap dalam menangani kasus Akseyna,” kata Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa UI, Bayu Satria Utomo dalam keterangannya, Selasa.

Aksi yang diikuti ratusan mahasiswa UI itu berlangsung sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Mereka juga menuntut keadilan dari pihak kampus atas apa yang menimpa Akseyna.

Baca Juga: 7 Tahun Kematian Akseyna Misteri, Ayahnya: Kami Tak Akan Berhenti Kejar Keadilan

“Sekitar 209 mahasiswa UI ingin menunjukkan bahwa kita peduli pada saudara kita, kita peduli pada keadilan di UI,” kata Bayu.

.