Sebagai akibat dari perang Rusia-Ukraina, Ukrtelecom hampir lumpuh oleh serangan dunia maya

Sebagai akibat dari perang Rusia-Ukraina, Ukrtelecom hampir lumpuh oleh serangan dunia maya

Memuat…

Internet, yang dijalankan oleh operator telekomunikasi nasional Ukraina Ukrtelecom, hampir lumpuh setelah serangan siber besar-besaran. Foto/dok

JAKARTA – Internet yang dikelola oleh operator telekomunikasi nasional Ukraina, Ukrtelecom hampir lumpuh setelah mengalami serangan dunia maya secara besar-besaran. Setelah berhasil memulihkan layanan inertnet, Ukrtelecom membatasi akses pelanggan untuk melindungi pengguna militer dan infrastruktur penting.

Dilaporkan dari BBCRabu (30/3/2022), pemantau internet global Netblocks mengatakan, serangan siber ini merupakan gangguan paling parah yang mempengaruhi Ukrtelecom sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai bulan lalu.

Netblocks mengatakan melihat konektivitas runtuh hingga 13% dari tingkat sebelum perang. Namun, pengguna Ukraina di penyedia internet yang berbeda, yang berbicara kepada BBC, melaporkan tidak ada masalah.

Dalam sebuah pernyataan, kepala eksekutif Ukrtelecom Yuriy Kurmaz menyatakan, bahwa serangan dunia maya musuh yang kuat dilakukan pada infrastruktur TI Ukrtelecom.

BACA:

Ini 3 Serangan Siber Rusia yang Bikin Geger AS dan Eropa

“Untuk melindungi infrastruktur jaringan penting dan tidak mengganggu layanan kepada Angkatan Bersenjata, lembaga militer lainnya, dan pengguna infrastruktur penting, kami terpaksa membatasi sementara akses internet untuk sebagian besar pengguna pribadi dan pelanggan bisnis,” tambahnya.

Mr Kurmaz mengatakan serangan itu telah dihalau dan penyediaan layanan secara bertahap dilanjutkan.

Yuriy Shchyhol kepala Layanan Negara Ukraina untuk Komunikasi Khusus dan Perlindungan Informasi mengatakan bahwa spesialisnya menanggapi dengan cepat situasi dan telah mencegah kembalinya. serangan dunia maya itu.

BACA JUGA: Cara Membuat Postingan Terbalik di WhatsApp

.

Dimiliki oleh Ipadguides

:
Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”