Skip to content

Selama Pengeboman Ukraina, Rusia Mengirim Pesawat Pengangkut Bom Nuklir ke Langit Uni Eropa

Selama Pengeboman Ukraina, Rusia Mengirim Pesawat Pengangkut Bom Nuklir ke Langit Uni Eropa

Memuat…

Empat pesawat tempur Rusia, termasuk dua yang membawa hulu ledak nuklir, memasuki wilayah udara Uni Eropa awal bulan ini saat Moskow sibuk menginvasi Ukraina. Foto/Angkatan Udara Swedia

MOSKOW – Dua pembom bersenjatakan hulu ledak nuklir milik Rusia diketahui telah memasuki wilayah udara Uni Eropa. Manuver Moskow ini terjadi awal bulan ini atau saat militer Moskow sibuk membombardir Ukraina tapi baru sekarang diungkapkan media Eropa.

Beberapa media Swedia, Kamis (31/3/2022), melaporkan total empat pesawat tempur militer Presiden Vladimir Putin yang menukik di atas Baltik menuju pulau Gotland, di Laut Baltik.

TV4, Expressen dan Aftonbladet semua melaporkan formasi termasuk dua pesawat pengebom Sukhoi Su-24 dan dua pesawat tempur Sukhoi Su-27.

Kedua pembom sebenarnya dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir.

Lihat lainnya: Militer Israel Terkejut Melihat Perang Rusia di Ukraina

Pesawat lepas landas dari pangkalan udara Rusia di daerah kantong Kaliningrad pada 2 Maret.

Swedia mengkonfirmasi intrusi ke wilayah udaranya telah terjadi awal bulan ini, tetapi pengungkapan bahwa pembom Rusia dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir baru muncul sekarang.

Swedia menanggapi intrusi dengan mengerahkan dua jet tempur JAS-39 Gripen untuk mencegat mereka. Para pejabat militer negara itu menyimpulkan bahwa para pembom dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir setelah memeriksa gambar-gambar itu.

“Kami melihatnya sebagai tindakan sadar. Yang sangat serius, terutama karena Rusia adalah negara yang berperang,” kata Kepala Angkatan Udara Swedia Carl-Johan Edstrom.

“Saya tidak dapat mengesampingkan navigasi yang salah, tetapi semuanya menunjukkan bahwa itu adalah tindakan yang disengaja. Mereka melanggar perbatasan Swedia.”

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”