Selokan di Pamulang Jadi Tambak Ikan, Mulai Dari Ngobrol Sampai Kelola Parit Agar Tetap Bersih

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – Ketua RT 003 RW 025 Komplek Puri Pamulang, Suyono mengatakan, ide mengubah selokan menjadi parit ikan di Pamulang berawal dari obrolan tokoh masyarakat setempat.

“Awalnya saat ngobrol di masjid, saya dan tokoh masyarakat, ketua RW Pak Suryadi, kami masing-masing kelompok untuk menyatukan warga agar bisa mengelola parit ini,” ujarnya saat ditemui di Kompleks Puri Pamulang, Tangerang Selatan. , Sabtu (26/3/ 2022).

Baca Juga: Selokan di Pamulang Tangsel Jadi Kolam Ikan, Warga: Mirip di Jepang

Dalam diskusi tersebut, muncul ide untuk memelihara ikan di sepanjang parit. Hal ini bertujuan agar selokan tetap bersih dan tidak menjadi tempat pembuangan sampah.

Kolam Ikan Jepang ala Pamulang, Tangerang Selatan
KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Kolam Ikan Jepang ala Pamulang, Tangerang Selatan

class="ads-on-body">

Sebelum digunakan lebih lanjut, warga awalnya rutin membersihkan selokan seminggu sekali.

“Kami berhasil membudidayakan ikan dari obrolan, setelah itu kami meminta dana dari warga yang mau berdonasi secara swadaya, tidak dipaksakan,” kata Suyono.

Baca juga: Ikan Selokan di Pamulang, Obyek Wisata Murah, Ramah Yang Sudah Hangout Warga Sejak Pandemi

Dikatakannya, parit tersebut diubah menjadi kolam ikan tepat pada awal pandemi Covid-19, yakni Maret 2020.

Selokan menjadi lebih berharga dan warga memiliki aktivitas positif selama pandemi.

“Akhirnya dari depan (gapura kompleks) disegel (talang), masing-masing RT kelola, masing-masing punya korlapnya,” pungkasnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

(ads.native_banner) -->

.