Skip to content

Sholat Tarawih di Masjid Harus Memperhatikan Kapasitas Ruangan dan Protokol Kesehatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kegiatan ibadah yang dilakukan di masjid-masjid selama Ramadhan, seperti shalat tarawih, shalat wajib, dan itikaf, harus tetap memperhatikan kapasitas ruangan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tetap perhatikan kapasitas maksimal, termasuk tidak berkerumun di titik-titik tertentu sebelum dan sesudah ibadah,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/3/2022).

Wiku mengatakan, ketentuan ini akan diatur lebih lanjut oleh pemerintah daerah mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) tentang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Tingkat.

Baca juga: 3 Poin Penting Pidato Jokowi Soal Aturan Mudik Sholat Tarawih 2022

Ia menjelaskan, protokol kesehatan itu meliputi fasilitas cuci tangan, sabun dan hand sanitizer, serta pengukuran suhu tubuh sebelum dan sesudah beribadah.

Jemaat juga diminta untuk tetap memakai masker selama beribadah, baik itu sholat, membaca Alquran maupun khutbah.

“Disarankan agar jemaah juga segera menyelesaikan ibadah dan bisa melanjutkannya di rumah masing-masing,” ujarnya.

Wiku juga mengatakan, untuk menjaga kebersihan dan sirkulasi masjid, para penjaga harus rutin membersihkan tempat ibadah dan berbagai perlengkapan di dalamnya.

Selain itu, jamaah juga diminta membawa perlengkapan ibadah agar lebih higienis.

“Pemerintah tidak lupa juga mengingatkan, meski kondisi kasus Covid-19 terkendali dan dilakukan penyesuaian kebijakan yang lebih longgar dibandingkan tahun lalu, kami tetap meminta masyarakat tetap bijak dalam beraktivitas,” ujarnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.