Skip to content

Solar Hoarding di Kembangan tersembunyi di balik tempat pembuangan sampah

JAKARTA, KOMPAS.com – Kodim 0503 Jakarta Barat membongkar lokasi penimbunan solar di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (30/3/2022).

Pangdam 0503 Jakarta Barat, Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa mengatakan, tempat penyimpanan solar itu terletak di lokasi tersembunyi di balik tempat pembuangan sampah.

“Lokasinya di tempat pembuangan sampah, di lingkungan desa. Tidak jauh dari jalan raya. Tapi kalau tidak kita perhatikan, tidak akan ketahuan,” kata Yudhiksa saat dihubungi wartawan, Rabu.

Baca Juga: Penimbunan Tenaga Surya di Kembangan Digerebek, Bos Penimbun dan 5 Kendaraan Disita

Dia mengatakan, operasi penimbunan solar itu diduga sudah berlangsung hampir satu bulan.

Penimbunan solar berhasil diungkap berdasarkan laporan dari petugas di daerah setempat.

“Awalnya petugas mendapat informasi terkait indikasi, setelah itu dipantau selama dua hari. Hasilnya terbukti ada penimbunan solar,” kata Yudhiksa.

Dalam razia tersebut, pihaknya mengamankan seorang bos penimbun berinisial BZ alias Aming dan sejumlah kendaraan angkut diesel hasil modifikasi.

“Penimbunan solar dilakukan oleh bos penimbun. 5 unit alat angkut juga diamankan sebagai sarana pengangkutan penimbunan solar,” tambah Yudhiksa.

Baca juga: M Taufik Bantah Isu Keluar dari Partai Gerindra

Dia menjelaskan, pelaku awalnya membeli solar dari sebuah SPBU di Jakarta Barat. Solar kemudian disimpan dalam mobil tangki di lokasi stockpile.

Berdasarkan informasi dari pelaku, solar solar rencananya akan dijual kembali ke proyek konstruksi yang menggunakan alat berat dengan harga yang lebih tinggi.

“Katanya ada pesanan dari proyek yang menggunakan alat berat. Tapi mereka tidak tahu secara spesifik di mana. Pokoknya di wilayah Jakarta,” kata Yudhiksa.

Usai ditangkap, pelaku dan barang bukti diserahkan ke Polres Metro Jakarta Barat untuk penyidikan lebih lanjut

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari Ipadguides.com. Jom join grup Telegram “Ipadguides.com News Update”, caranya klik link https://t.me/ipadguidescomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

.