Skip to content

SpaceX Berhenti Membuat Kapsul Naga Kru, Sumber Daya Akan Dialihkan ke Kapal Luar Angkasa

JAKARTA, IGNews.id – Dua tahun setelah SpaceX menerbangkan astronot pertamanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dalam kapsul Crew Dragon, perusahaan tersebut mengatakan akan mengakhiri produksi pesawat ruang angkasa tersebut. Mengapa?

Dilansir dari Reuters, presiden SpaceX Gwynne Shotwell mengatakan saat ini tidak ada rencana untuk menambah saat ini tidak ada rencana untuk menambah lebih banyak Crew Dragons ke armada empat kapsulnya saat ini. Namun, perusahaan akan terus memproduksi komponen untuk pesawat ruang angkasa Crew Dragon yang ada karena akan terus digunakan dalam misi luar angkasa di masa depan.

Langkah untuk mengakhiri produksi Crew Dragon dilaporkan sebagian karena keinginan perusahaan untuk mengalihkan sumber daya ke kendaraan peluncuran Starship generasi berikutnya – yang terdiri dari booster Super Heavy dan pesawat ruang angkasa Starship – yang diharapkan untuk memulai misi bulan dan bahkan perjalanan ke Mars di tahun-tahun mendatang. .

Seperti yang ditunjukkan Reuters, fakta bahwa SpaceX memulai hidup dengan tujuan inti membangun perangkat keras luar angkasa yang mampu digunakan beberapa kali berarti perusahaan akan selalu berhenti memproduksi Crew Dragons di beberapa titik. Setelah penerbangan, Crew Dragons dipelihara dan diperbaharui di fasilitas SpaceX khusus di Kennedy Space Center.

Crew Dragon empat kursi pertama kali terbang ke stasiun luar angkasa dalam uji terbang tak berawak pada 2019. Setahun kemudian, astronot NASA Doug Hurley dan Bob Behnken melakukan penerbangan awak pertama ke ISS, dibawa ke luar angkasa oleh roket Falcon 9 SpaceX. Behnken memberikan tur video Crew Dragon dalam perjalanan mereka ke stasiun.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:


.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”