Skip to content

Sunnah Sahur dan Buka Puasa Ramadhan yang Perlu Anda Ketahui

Sunnah Sahur dan Buka Puasa Ramadhan yang Perlu Anda Ketahui

Memuat…

bulan Ramadhan sudah di depan pintu, dan kewajiban umat Islam untuk berpuasa selama bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Dalam menjalankan ibadah wajib ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang muslim, selain niat puasa juga sunnah-sunnah khususnya yang berkaitan dengan puasa. sahur dan buka puasa.

Saat buka puasa dan sahur, ada beberapa Sunnah Nabi yang perlu diamalkan. Tidak hanya mendapatkan berkah, amalan ini juga dilakukan dalam rangka mengikuti petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Berikut ini adalah di antara sunnah berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadhan yang dikutip dari berbagai sumber:

Lihat lainnya: 11 Amalan Bulan Ramadhan dengan Pahala

1. Bersegera berbuka dan mengakhiri sahur

Kedua amalan ini merupakan sunnah Nabi untuk berbuka di awal waktu dan sahur di akhir waktu. Bahkan 2 amalan ini disebut akhlak para nabi. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Darda, Rasulullah bersabda, “Tiga hal yang merupakan akhlak para nabi; mempercepat buka puasa, mengakhiri sahur, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri dalam shalat.” (HR.Ath Thabrani).

Mengenai mempercepat berbuka, Rasulullah menyebutkan banyak hal baik tentangnya. Beliau bersabda, “Manusia akan terus dalam kebaikan selama menyegerakan buka puasa (puasa).” (HR. Al Bukhari dan Muslim). Nabi juga bersabda,

“Umatku akan melanjutkan sunnahku selama mereka tidak menunggu bintang (yaitu malam) ketika berbuka (puasa).” (HR.Ibnu Hibban). “Agama ini akan tetap jaya selama mempercepat berbuka, karena orang-orang Yahudi dan Nasrani mengakhirinya.” (HR.Abu Dawud dan Ibnu Hibban).

Adapun untuk mengakhiri sahur, Nabi Muhammad melakukannya beberapa waktu sebelum fajar. Jarak antara dia makan sahur dan adzan subuh hanya 50 ayat Al-Qur’an atau sekitar 10-15 menit.

Anas bin Malik meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit, dia berkata, “Kami makan sahur bersama Rasulullah, lalu dia shalat,” Anas kemudian bertanya kepada Zaid, “Berapa jarak antara adzan dan sahur?” Dia menjawab, “Sekitar 50 ayat membaca Al-Qur’an.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

2. Sahur dan buka puasa dengan kurma

.

Dimiliki oleh Ipadguides

: Cek berita lainnya di kategori “Nusantara”